PONTIANAK - Seorang bayi laki-laki ditemukan warga di di kawasan pemakaman muslim Kompleks Ari Karya Indah 3, tepat belakang panti asuhan Al Amin, Jalan Danau Sentarum, Pontianak Kota, Kalimantan Barat, Jumat (21/4/2017) subuh tadi. Bayi ini diduga sengaja dibuang oleh kedua orangtuanya. Bayi ini ditemukan dalam keadaan terbaring dengan berpakaian lengkap. Ia juga diselimuti dengan kain lampin bermotif bunga. Di sampingnya, terdapat nama dan tanggal dilahirkan yang menandakan usianya lebih dari tiga hari.

Herpandi dan Rusli, remaja yang tinggal di panti asuhan Al Amin ini merupakan orang yang pertama kali menemukan bayi tersebut. Awalnya, Herpandi mendengar tangisan bayi. Kemudian dia memanggil Rusli untuk mencari sumber tangisan tersebut.
"Teryata benar bahwa ada bayi yang diletakan di tepi jalan pemakaman di belakang Panti Asuhan Al-Amin," kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Muhammad Husni Ramli, Jumat (21/4/2017) pagi.

Setelah mengetahui adanya bayi tersebut, lanjut dia, kedua remaja ini langsung memberitahu warga dan Ketua RT setempat. Kepolisian pun dihubungi. "Saat dievakuasi, bayi ini dalam keadaan sehat. Dugaan sementara dia dibuang oleh orangtuanya," ujar Husni.

Bayi tersebut saat ini dirawatinapkan dulu di panti asuhan. Kepolisian juga telah melakukan visum dan koordinasi dengan intansi terkait seperti Depsos dan KPAI.