OTTAWA - Sebuah gunung es besar telah mendarat di Kota Ferryland, Newfoundland. Dilaporkan akhir pekan saat Paskah berlangsung, penghuni kota beramai-ramai menangkap pemandangan yang tidak biasa pada kamera mereka. Walikota Ferryland, Adrian Kavanagh mengatakan gunung es terlihat mendarat dan bisa bertahan untuk sementara waktu. "Ini adalah gunung es besar dan itu begitu dekat," ujarnya.

Gunung es lepas pantai Ferryland, diklaim memiliki nama "iceberg alley", karena gunung es tersebut mengarah ke pantai setiap musim semi. Tentu bukan pemandangan biasa bagi penduduk daerah tersebut.
Adrian juga terkejut pada jumlah pengunjung yang datang ke daerah tersebut selama akhir pekan untuk melihat fenomena itu.

The Canadian Press mengungkapkan 616 gunung es telah pindah ke jalur pelayaran Atlantik Utara musim ini, dibandingkan dengan akhir musim September 2016 dengan 687 gunung. Kenaikan gerakan gunung es itu dikaitkan dengan angin yang berlawanan arah jarum jam yang kuat.

Para ahli percaya bahwa pemanasan global mempercepat penumpahan lapisan es di Greenland, dan meningkatkan percepatan pergerakan gunung es. Demikian dikutip dari IBTimes, Rabu (19/4/2017).