Home >  Artikel >  Ragam

Sering Cuci Muka Bisa Atasi Jerawat? Itu Cuma Mitos!

Sering Cuci Muka Bisa Atasi Jerawat? Itu Cuma Mitos!
Ilustrasi
Jum'at, 14 April 2017 10:17 WIB
JERAWAT menjadi salah satu masalah kulit yang hampir pasti dialami oleh setiap orang. Tak heran jika keluhan pada kulit ini seringkali menimbulkan mitos dan fakta di kalangan banyak orang. Apa saja mitos yang sering muncul dan bagaimana fakta di balik mitos tersebut? Berikut adalah uraiannya seperti dilansir Bustle, Jumat (14/4/2017).

Sinar matahari bisa menyembuhkan jerawat

Beberapa orang ada yang berpikir jika paparan sinar matahari bisa menyembuhkan jerawat. Faktanya, kulit menjadi lebih gelap dan memberi efek terhadap kondisi jerawat. Berkurangnya kolagen dan elastin serta meningkatkan risiko kanker kulit juga menjadi akibat terlalu lama terpapar sinar matahari.

Mencuci wajah lebih sering agar jerawat hilang

Sering mencuci wajah dapat membuat jerawat semakin parah. Kulit wajah akan menjadi sangat kering sehingga mempermudah terjadinya peradangan sehingga tak mungkin masalah jerawat akan semakin parah.

Jerawat hanya menyerang remaja

Jika Anda berpikir jerawat hanya menyerang remaja, Anda salah. Jerawat memang sebagian besar muncul di usia remaja. Namun, bukan berarti orang dewasa tidak mengalaminya. Menurut dermatologist Dr. Karen Mckoy, faktanya 95% jerawat dialami remaja, tetapi lebih dari 40% orang dewasa juga mengalami jerawat, terutama wanita.

Jangan menggunakan pelembap saat berjerawat

Pelembap penting digunakan termasuk saat mengalami jerawat sekali pun. Ini menjadi penting agar menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi masalah jerawat. Pilih pelembap yang non-comedogenic sehingga lebih cepat dalam menyembuhkan jerawat. Sementara, produk pembersih jerawat bisa membuat kulit wajah menjadi kering dan iritasi.

Makan cokelat menyebabkan timbulnya jerawat

Banyak wanita yang justru menghindari konsumsi cokelat lantaran khawatir akan timbulnya masalah jerawat. Pernyataan tersebut tentu tidak benar, justru mengonsumsi 70% dark chocolate bisa membantu menyembuhkan jerawat lantaran kandungan anti inflamasi di dalamnya. Alasan sebenarnya cokelat bisa menimbulkan jerawat karena mengandung banyak susu dan glukosa.

Editor : Yovi Ansari
Sumber : dream.co.id
Kategori : Ragam
www www