Resmi meluncur pada (7/4/2017), harga mobil murah keluaran Toyota Astra Motor dari keluarga Agya meroket. Padahal, mobil 5 seat itu sebelumnya digadang-gadang sebagai salah satu mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) andalan Toyota. Mengeluarkan model terbaru dengan merek New Agya, Toyota melepas harga mobil dari kelas LCGC ini di pasaran di harga Rp 127 juta sampai Rp 151 juta. 

Di edisi sebelumnya, Toyota masih melepas versih termurah mobil Agya dengan harga di bawah Rp100 juta.

Disinggung tentang harga Agya yang sudah menyentuh harga ratusan juta rupiah, produsen otomotif ini tetap optimistis produknya bisa diterima oleh masyarakat.

Executive General Manager Toyota Astra Motor, F. Soerjopranonoto, mengatakan Toyota selalu berkomitmen pada ketentuan pemerintah terkait harga mobil murah. Menurutnya, harga harus bertahan di bawah atau sama dengan kenaikan inflasi.

“ Nah, dari 2016 ke 2017 itu perbedaan (inflasi) hanya 4,4 persen. Jadi harga New Agya naik, tapi masih di bawah inflasi. Jadi, konsumen pasti masih mengapresiasi, kecuali kalau kami naikkan sampai Rp200 (juta),” kata dia di Jakarta, ditulis Jumat 14 April 2017.

Selain faktor inflasi, Toyota juga menentukan harga sebuah mobil dengan melihat aspek keamanan dan fasilitas tambahan lainnya. 

Soerjopranoto mengatakan penjualan Agya akan resmi dilakukan bersamaan dengan digelarnya IIMS 2017. Penjualannya pun dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

“ Nanti resminya lagi dimulai penjualan saat IIMS tanggal 27 April itu serentak di seluruh Indonesia, bahkan sampai Papua,” kata dia.