Ahli bedah di India terpaksa menggunakan alat untuk mengangkat keluar batu karang sebesar semangka dari kandung kemih seorang pria. Maheshbhai Rasikbhai Patel, 49 tahun, awalnya mengeluh sakit yang parah pada bagian perutnya sebelum dikirim ke sebuah rumah sakit.

Tapi dokter terkejut ketika menemukan batu karang berdiameter 11,5 sentimeter di dalam kandung kemihnya. Operasi pengangkatan batu saluran kemih tersebut memakan waktu satu jam setengah.

Video yang diambil ketika operasi di Rumah Sakit Sri Sainath itu menunjukkan tim dokter berusaha mengeluarkan batu itu menggunakan berbagai peralatan sehingga berhasil mengangkatnya keluar.

Batu seberat 1,4 kilogram itu mengalahkan rekor batu seberat 1,22kg yang dikeluarkan dari perut seorang pasien kanker pada 2010.

Maheshbhai kini semakin pulih dalam waktu tidak sampai seminggu. " Saya mengalami sakit yang amat sangat sejak beberapa hari lalu. Namun, sejak operasi pembedahan itu selesai, kondisi saya semakin membaik," katanya.

Dokter yang membedah Maheshbhai, Dr Dhirubhai C Patel mengatakan pasiennya itu tidak mempunyai penyakit kronis.

" Tapi rasa sakit yang dialaminya itu terjadi pada malam hari dan tidak menunjukkan tanda ia akan sembuh," kata Dr Patel.

Menurut Dr Patel, di antara penyebab terbentuknya batu itu adalah kadar kalsium yang tinggi dan air kencing yang tidak mengalir dengan lancar.

" Batu saluran kemih pada pasien seperti ini biasanya kecil tapi yang ini benar-benar besar," kata Dr Patel.