JANGAN habis akal dan takut buat traveling ke Maratua di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasi yang terletak di Kepulauan Derawan ini membuat Anda terpesona dengan keindahannya. Ada berbagai cara kok untuk tiba ke Maratua. Pertama, Anda perlu mengambil penerbangan menuju Tarakan, Kalimantan Utara. Anda bisa saja penerbangan tujuan langsung ke Berau, tapi harganya lebih mahal ketimbang menuju Tarakan.

Anda bisa memilih menginap di Tarakan terlebih dahulu atau langsung menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Dari Tarakan jaraknya tidak begitu jauh dari pelabuhan. Anda bisa menggunakan speedboat menuju Derawan.

Speedboat diisi 16 porang dan harga kisarannya mencapa Rp1-3 juta untuk menuju ke Pulau Derawan. Hmm, mungkin sebaiknya Anda mencari teman lebih banyak untuk menikmati pulau ini. Perjalanan cukup ditempuh dalam waktu 3 jam.

Sekadar tips, ada baiknya Anda mengunjungi Pulau Maratua antara bulan Maret dan Mei, serta sesudah bulan Agustus. Range penginapan di Pulau Maratua mulai dari Rp200 ribu ke atas, tanpa fasilitas AC.

Oh ya, jangan lupa bawa kamera underwater untuk mengabadikan pesona bahari di Pulau Maratua. Bawa pula plester untuk mengobati luka bilamana Anda tergores karang saat bermain di laut. Demikian rangkuman Okezone dari berbagai sumber.