Bagi banyak pria, wanita sempurna itu identik dengan wanita yang memiliki tiga kombinasi luar biasa yaitu seksi, pintar dan lucu. Namun sebuah studi baru menemukan ada beberapa hal lain pada wanita yang dianggap lebih menarik oleh pria. Dengan kata lain, studi itu mengungkapkan bahwa ternyata ciri wanita sempurna menurut pria itu tak sesederhana tiga hal di atas. Untuk itu, simak juga 10 ciri wanita sempurna menurut berbagai studi tentang preferensi pria seperti halnya berikut ini.

1. Si dia tetap tertawa, meski guyonan Anda tak lucu
Tim peneliti dari Kanada menemukan bahwa pria lebih tertarik pada wanita yang tetap menertawakan guyonannya meskipun itu tidak lucu. Hal yang sama juga diungkap survei yang digelar Men's Health. Pasalnya lebih dari 75 persen pembaca mengklaim bahwa selera humor adalah karakteristik terpenting yang harus dimiliki setiap wanita.

2. Suka tersenyum
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion mengungkap pria menganggap seorang wanita menarik jika mereka suka tersenyum.

Kesimpulan itu diperoleh setelah peneliti meminta sejumlah partisipan pria dan wanita untuk menilai beberapa foto lawan jenis mereka. Di foto-foto itu ada yang tersenyum dan di foto lainnya beberapa orang tidak tersenyum sama sekali.

Uniknya, partisipan wanita lebih memilih foto pria yang menunjukkan ekspresi serius, sebaliknya pria lebih tertarik pada wanita yang memperlihatkan gigi lewat senyumannya.

3. Berdada besar
Pria memang menyukai payudara wanita tapi mereka lebih suka payudara yang besar. Sebuah studi pun menyimpulkan meski pria menikmati apapun yang mereka lihat, tapi payudara yang lebih besar mendapatkan skor daya tarik yang tertinggi dari para pria, terutama pria lajang.

4. Kaki jenjang
Berdasarkan data yang ditampilkan dalam pertemuan Human Behavior and Evolution Society, pria lebih memilih wanita yang kakinya lebih panjang atau jenjang. Untuk mendapatkan kesimpulan ini peneliti mengukur panjang kaki, tangan, paha dan lebar pinggang dari 60 wanita. Lalu setiap ukuran yang didapatkan peneliti dijadikan sebagai bahan perbandingan perbedaan tinggi pada setiap individu.

Dari situ peneliti memilih 8 wanita dengan tinggi badan terpendek dan 8 wanita terpanjang untuk membuat konstruksi bentuk wajahnya. Setelah itu, peneliti meminta 77 pria untuk menilai wajah wanita mana yang dianggap paling menarik. Hasilnya, pria 8 kali lebih cenderung memilih wanita yang berpaha atau berkaki panjang.

5. Kaki kecil
Pada studi yang sama, pria juga dilaporkan 4 kali lebih suka wanita yang kakinya kecil karena menurut mereka wanita berkaki kecil lebih feminin dan menarik.

6. Pinggangnya kecil
Studi di atas juga mengungkapkan wanita yang berpinggang kecil dikatakan 11 kali lebih menarik. Menurut studi tersebut, pria diduga mengaitkan kondisi pinggang itu dengan masa kecil si wanita yang sehat dan gen yang lebih baik.

7. Wanita bekerja itu seksi
Pendapat pria tentang wanita yang berprofesi telah bergeser. Kini menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Sociology, sebagian besar pria mengklaim pasangan idealnya adalah wanita yang bisa mengangkat kondisi ekonominya sendiri atau dengan kata lain wanita yang bekerja.

8. Berpendidikan tinggi
Pria dilaporkan lebih bahagia ketika memiliki pasangan yang berlatar pendidikan tinggi atau minimal memadai. Tapi pada waktu yang bersamaan, pria juga merasa kurang puas dengan kehidupan pernikahannya ketika sang istri menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Hal ini dikemukakan sebuah studi yang ditampilkan dalam Journal of Sex Research.

9. Memakai baju merah
Dalam sebuah studi, peneliti meminta para pria menilai daya tarik seorang model. Sang model diminta mengenakan baju berwarna merah dan putih atau fotonya diberi latar belakang merah maupun putih. Sesuai dugaan, pria menilai setiap foto yang mengandung warna merah dianggap lebih menarik secara seksual daripada foto lainnya.

10. Lebih muda
Pria merasa lebih bahagia dengan hubungan dan kehidupan seksualnya ketika pasangannya berusia 2-4 tahun lebih muda dari mereka.