Apa Sih Hari Sabtu menurut Hadits Nabi?

Apa Sih Hari Sabtu menurut Hadits Nabi?
Ilustrasi
Sabtu, 25 Maret 2017 11:56 WIB
Hari ini adalah hari sabtu. Hari sabtu terkenal dengan hari bermalam minggu bagi kalangan anak muda zaman sekarang. Namun, bagaimana pandangan tentang hari sabtu menurut hadits Nabi dan sejarahnya ??
Simak dibawah ini:

Allah SWT berfirman:
''dan tanyakanlah kepada bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut, ketika mereka melanggar aturan pada hari sabtu....'' (Q.s. Al-A'roof ayat 163)

Dari Muslim bin Abdullah dari pada Sa'id bin Jubair dari Anas bin Malik R.A, Ia berkata: Rasulullah SAW ditanya tentang hari yang ketujuh. Maka Rasulullah SAW menjawab: hari sabtu adalah hari makar dan tipu daya. Para sahabat bertanya: Bagaimana bisa demikian Ya Rasulullah ? Jawab: karena bangsa Quraisy telah melakukan makar di Darunnadwah.

Ketahuilah, bahwa Rasulullah Saw TIDAK menamakan hari sabtu itu sebagai hari makar dan tipu daya, melainkan pada hari itu telah terjadi 7 peristiwa makar dan penipuan terhadap 7 orang oleh 7 kaum.

Pertama: kaum nabi Nuh melakukan makar dan tipu daya terhadap nabi Nuh As.

Kedua: kaum nabi Sholeh melakukan makar dan tipu daya terhadap Nabi Sholeh As.

Ketiga: saudara-saudara nabi Yusuf melakukan makar dan tipu daya terhadap Nabi Yusuf As.

Keempat: kaum nabi Musa As melakukan makar dan tipu daya terhadap Nabi Musa As.

Kelima: kaum Isa melakukan makar terhadap nabi Isa As

Keenam: gembong-gembong Quraisy melakukan makar dan tipu daya terhadap Nabi Muhammad SAW.

Ketujuh: kaum bani Israil melakukan makar dan tipu daya atas larangan Allah. Seperti yang difirmankan Allah:
''Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari sabtu atas orang-orang (Yahudi) yang berselisih padanya...''. (Q.s. An Nahl: 124)

''Dan sesungguhnya telah kamu ketajii orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari sabtu.....'' (Q.S. Al-Baqarah: 65)

''.....dan Kami perintahkan kepada mereka: ''Janganlah kamu melanggar peraturan mengenai hari sabtu....''. (Q.s. An-Nisaa: 154)

Ads
Editor:Yovi Ansari
Sumber:Berbagai Sumber
Kategori:Ragam
wwwwww