Pakai Daun Bayam, Ilmuwan Tumbuhkan Jantung Manusia

Pakai Daun Bayam, Ilmuwan Tumbuhkan Jantung Manusia
Ilustrasi
Jum'at, 24 Maret 2017 13:52 WIB
Untuk mengatasi masalah terbatasnya organ donor, peneliti di dunia berusaha berbagai cara untuk mencari organ alternatif. Salah satunya yang terbaru adalah dengan menumbuhkan jantung manusia hidup memakai daun bayam.Peneliti dari Worcester Polytechnic Institute melaporkan di jurnal Biomaterials bahwa daun bayam dipakai sebagai kerangka. Dengan menggunakan teknik khusus, sel tumbuhan yang ada pada daun dihilangkan lalu kemudian diganti dengan sel hidup jantung manusia.

Mengapa daun bayam yang dipakai menurut peneliti karena jaringan vaskulernya mirip seperti pada jantung manusia. Di dalam daun jaringan vaskuler dipakai untuk mentransportasikan cairan dan nutrisi ke seluruh bagian tumbuhan layaknya pembuluh darah.

Dengan demikian harapannya sel manusia dapat terbentuk di dalam daun dan perlahan-lahan bisa dibentuk tumbuh menjadi organ utuh.

"Masih banyak yang harus kami kerjakan, tapi sejauh ini tampaknya sangat menjanjikan," ungkap Profesor Glenn Gaudette dari WPI seperti dikutip dari Science Daily, Kamis (23/3/2017).

"Beradaptasi menggunakan tumbuhan berlimpah yang telah dibudidaya oleh petani selama ribuan tahun bisa memecahkan sejumlah masalah yang membatasi bidang ini," lanjut Prof Glenn.

Selain bayam peneliti juga melakukan riset pada tumbuhan lainnya yang memiliki potensi. Sebagai contoh akar pada tumbuhan kacang-kacangan kemungkinan bisa dipakai sebagai kerangka untuk menumbuhkan jaringan dengan pembuluh darah halus.

Ads
Editor:Yovi Ansari
Sumber:detikhealth
Kategori:Ragam
wwwwww