TUBERKULOSIS (TB) merupakan penyakit menular langsung yang menyerang paru-paru. Penyakit ini kerap dialami oleh orang di usia produktif yang seharusnya dapat dicegah. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI dr HM Subuh MPPM menjelaskan, TB dapat menular lewat udara melalui dahak dari penderita. Orang dengan sistem kekebalan lemah mudah tertular penyakit ini.

"TB penyakit menular, tetapi bisa diobati sampai sembuh bila minum obat sampai tuntas," terang Subuh saat Press Conference Peringatan Hari TB Sedunia, Kamis (23/3/2017).

Sebagian TB menyerang paru, tapi bisa juga mengenai organ lainnya, seperti tulang, kelenjar getah bening, kulit dan usus.

Penyebaran kuman TB lewat berbicara dengan orang menularkan 0-120 partikel, lewat batuk 0-3500 partikel, dan bersin sebesar 4500-1 juta partikel.

Subuh menambahkan, penyakit TB apabila tidak ditangani segera bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, termasuk pada anak, orang dewasa, dan lansia.

"TB penyakit menular yang menyebabkan kematian terbanyak," katanya.

Yang perlu diingat, TB bukanlah penyakit keturunan. Tapi jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita penyakit ini, Anda dapat mudah tertular