Bayi Lahir Prematur, Kelainan Bawaan Akibat Ibu Hamil Kurang Makan Sayur dan Buah

Bayi Lahir Prematur, Kelainan Bawaan Akibat Ibu Hamil Kurang Makan Sayur dan Buah
Ilustrasi
Rabu, 22 Maret 2017 16:13 WIB
ASUPAN yang sehat selama hamil sangat penting, tidak hanya untuk calon ibu tetapi juga bayi dalam kandungan. Salah satu asupan sehat yang wajib dikonsumsi selama kehamilan adalah sayur dan buah, ditambah ikan.Ahli Gizi Komunitas, Dr.dr. Tan Shot Yen mengatakan, ibu hamil yang cukup mengonsumsi sayur, buah ditambah ikan akan mencegah salah satu kelainan bawaan, yaitu bayi lahir prematur. Menurutnya, hal ini dibuktikan oleh penelitian kohort di Norwegia, pada kelahiran di 66.000 perempuan antara tahun 2002-2008.

Dijelaskan oleh Dr Tan, dalam penelitian tersebut kondisi ibu hamil bebas dari diabetes dan kehamilan tunggal bukan kembar. Kemudian, apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil selama kehamilan dicatat melalui kuesioner.

"Ternyata bayi yang lahirnya tidak prematur itu berasal dari ibu-ibu yang makan sayur dan buah dalam jumlah yang cukup ditambah dengan ikan," ujarnya di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ads
Dr Tan menjelaskan bahwa yang disebut bayi lahir prematur adalah kelahiran antara 22 minggu sampai di bawah 37 minggu. Dalam penelitian tersebut, dikatakan oleh Dr Tan bahwa bayi yang lahir di atas 37 minggu berasal dari ibu-ibu yang cukup mengonsumsi sayur dan buah selama kehamilan.

"Jadi, anak-anak yang lahir di atas 37 minggu berasal dari ibu-ibu hamil yang konsumsi sayur dan buahnya sangat cukup," tutupnya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww