BIASANYA Anda menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Tapi, perlu Anda tahu bahwa kebiasaan tersebut ternyata salah. Membersihkan telinga dengan cotton bud bisa berbahaya. Jika dilakukan terus-menerus, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa sangat menyakit.

Ada cara yang lebih tepat dalam membersihkan telinga, dan tanpa cotton bud. Berikut tips membersihkan telinga tanpa cotton bud seperti dilansir dari laman Boldsky:

Baby oil

Ya, baby oil juga bisa digunakan orang dewasa untuk membersihkan telinga. Teteskan baby oil ke dalam telinga Anda, lalu diamkan beberapa menit. Namun, pastikan Anda tidak memiliki bakat alergi dengan penggunaan baby oil.

Gunakan cairan hidrogen

Pergilah ke dokter THT jika ingin nyaman membersihkan telinga. Di sana, Anda diberikan cairan hidrogen yang aman sesuai dosis yang sudah diatur dokter. Biasanya, untuk perawatan lebih lanjut, Anda juga diresepkan obat khusus.

Larutan air garam

Wah, larutan air garam bisa menyingkirkan kotoran telinga Anda sampai bersih lho. Caranya, rendam garam dengan menggunakan air hangat. Kemudian teteskan ke dalam telinga Anda. Teknik seperti ini diklaim aman oleh para dokter.