5 Sambal Khas Indonesia yang Bikin Ogah Move On

5 Sambal Khas Indonesia yang Bikin Ogah Move On
Ilustrasi
Selasa, 21 Maret 2017 10:00 WIB
SAMBAL adalah pelengkap makanan khas Indonesia yang biasanya digunakan untuk menyebut bumbu tambahan bercita rasa pedas.Di Indonesia banyak jenis sambal khas yang punya rasa bikin nagih alias bikin orang yang menyantapnya ogah move on dan ingin kembali mencicip sambal yang sama.

Dilansir dari berbagai sumber, Indonesia punya sederet sambal khas yang rasanya tak tertandingi. Apa saja sambal itu?

loading...
Sambal terasi

Ads
Foodies pastinya tak bisa lepas dari sambal yang satu ini. Sambal terasi banyak dikombinasikan dengan berbagai makanan mulai pecel ayam, pecel lele hingga makanan khas sunda yang lengkap dengan lauk ikan asinnya. Sambal terasi punya rasa pedas dan rasa serta aroma khas terasi yang bikin nafsu makan semakin memuncak.

Sambal kecap

Jika membeli sate kambing, pasti sambal kecap tak pernah absen melengkapinya. Ya, irsan cabai, bawang merah dan tomat ini diberi kucuran kecap manis. Sambal ini sangat praktis karena tak perlu proses penghalusan menggunakan cobek. Selain pelengkap pada sate, sambal kecap juga nikmat disantap bersama ayam bakar ataupun tahu goreng.

Sambal matah

Sambal matah selalu jadi suguhan khas saat menyantap makanan ala Bali. Sambal ini adalah sambal kebanggaan masyarakat Bali. Sambal ini terbuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, bawang merah, jeruk nipis, gula dan garam. Yang membuat sambal ini semakin mantap karena disiram dengan minyak kelapa buatan sendiri. Sambal ini hanya dipotong tanpa diulek.

Sambal dabu-dabu

Anda yang orang asli Manado pasti hafal dengan sambal yang satu ini. Sambal dabu-dabu punya rasa yang khas. Sambal ini mirip dengan sambal matah khas Bali namun sensasainya tetap berbeda. Untuk membuat sambal dabu-dabu ini dibutuhkan bahan seperti tomat merah, tomat hijau, cabai dan kucuran jeruk lemon cui. Sambal dabu-dabu cocok disantap untuk makan ikan laut bakar.

Sambal ijo

Sesuai dengan namanya, sambal ini memiliki warna hijau karena terbuat dari cabai hijau, tomat hijau dan bawang merah. Semua bahan ini dihaluskan dan disiram dengan minyak panas. Sambal ijo khas disajikan sebagai pelengkap pada masakan Padang. Sambal ini nikmat disantap bersama ayam panggang ataupun daun singkong rebus.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww