Moms, Tanda Lapar pada Bayi Bukan Menangis

Moms, Tanda Lapar pada Bayi Bukan Menangis
Ilustrasi
Senin, 20 Maret 2017 12:15 WIB
TAK semua ibu paham bila berkomunikasi dengan bayi baru lahir, apalagi cara mengetahui dia lapar. Ternyata tandanya bukan bayi menangis, tetapi dia akan mengecap lidahnya yang seharusnya ibu pahami.Spesialis Anak dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, mengatakan, bayi menangis itu tandanya dia frustasi karena tak kunjung mendapat makanan, yaitu ASI. Padahal saat bayi lapar, ada usaha lain yang harus ditanggapi lebih cepat.

"Bayi akan berusaha menunjukkan mimik refleks mengisap tangan dan mengecap mulutnya. Ini berarti sudah harus disusui," kata dr Wi saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Ketika menyusui, ibu juga harus memahami posisi yang benar dan nyaman. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari bayi mengalami gangguan pencernaan dan masalah-masalah lainnya.

Ads
"Pertama memang membingungkan. Makanya dari awal mungkin saat kehamilan ibu harus tahu tentang bagaimana ASI diproduksi, kapan waktu tepat menyusui supaya lancar, sampai tahu tanda bayi lapar," tambahnya.

Proses ini harus dilakukan seorang ibu agar berhasil menyusui si kecil sampai dua tahun. Ingat ya, sumber makanan utama bayi sejak lahir adalah ASI, karena manfaatnya sangat melimpah dan menguntungkan.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww