Bahaya Ibu Hamil Kekurangan Vitamin K Sebabkan Bayi Lahir Stroke

Bahaya Ibu Hamil Kekurangan Vitamin K Sebabkan Bayi Lahir Stroke
Ilustrasi
Sabtu, 18 Maret 2017 12:15 WIB
BUNDA, tahukah Anda seorang bayi bisa dilahirkan dengan kondisi cacat stroke. Ini terjadi ketika semasa hamil wanita mengalami kekurangan vitamin K.Pentingnya asupan vitamin K, menurut Spesialis Bedah Saraf Dr dr Wismaji Sadewo SpBS, dapat memperbaiki pembuluh darah manusia sejak dilahirkan. Saat terjadi kekurangan, bahayanya pembuluh darah bisa rapuh.

"Saat hamil, jika wanita mengalami kekurangan vitamin K, pembuluh darah bayi yang dilahirkan rapuh, bisa pecah," terang dr Wismaji saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dia menyebutkan, istilah penyakitnya yakni Acquired Prothrombin Complex Deficiency (APCD). Sejak dilahirkan, bayi akan mengalami gangguan saraf. Meskipun penyakit ini dapat disembuhkan dengan baik sebelum anak tumbuh besar.

Ads
"Anak kena APCD sebelum umurnya satu tahun terdeteksi, sangat bisa disembuhkan. Organ tubunya masih berkembang sampai dewasa," tambahnya.

Tentunya butuh pencegahan untuk mengurangi risiko kematian pada bayi akibat APCD. Selain dari asupan suplemen vitamin K, seorang wanita hamil juga harus memenuhi kebutuhan nutrisinya agar melahirkan bayi sehat.

"Sumber makanan juga banyak dan ada tabel nutrisi yang harus dipenuhi pada ibu hamil. Jangan sampai terjadi kekurangan asupan agar bayinya tidak lahir cacat," pangkas dokter dari RS Premier Jatinegara itu.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww