Pernah Kecanduan Alkohol Seperti Ben Affleck? Ini Efeknya bagi Tubuh

Pernah Kecanduan Alkohol Seperti Ben Affleck? Ini Efeknya bagi Tubuh
Ilustrasi
Jum'at, 17 Maret 2017 12:56 WIB
JAKARTA - Apa yang dilakukan seseorang pastinya akan berdampak pada kondisi kesehatannya. Termasuk ketika ia sudah kecanduan alkohol, akan ada beberapa efek yang dialami tubuh.Baru-baru ini, aktor Ben Affleck mengaku pernah kecanduan alkohol beberapa waktu lalu. Untuk itu, ia menjalani rehabilitasi agar bisa sembuh dari kecanduannya tersebut. Tapi, kini Ben mengaku sudah menyelesaikan masa rehabilitasinya.

"Aku baru saja menyelesaikan rehabilitasi karena kecanduan alkohol, sesuatu yang sudah kuhadapi sejak bertahun-tahun lalu, dan ingin terus kulawan. Aku ingin menikmati hidup dan menjadi sosok ayah yang baik. Aku ingin anak-anakku tahu kalau mereka tak harus malu mencari pertolongan ketika mereka membutuhkannya," tulis Ben, seperti diberitakan detikHot.

Nah, ketika seseorang kecanduan alkohol, dampak apa saja yang bisa dialami tubuh? Berikut pemaparannya seperti dirangkum detikHealth.

1. Meningkatnya risiko serangan jantung
Studi yang dipublikasikan oleh Journal of the American Heart Association mengungkap orang yang doyan minum alkohol juga berisiko tinggi mengalami serangan jantung. Disebutkan, kebiasaan minum alkohol berhubungan dengan percepatan umur pembuluh darah arteri. Semakin banyak dan sering minum alkohol, usia pembuluh darah arteri bertambah tua semakin cepat.

Akibatnya, pembuluh darah arteri tidak lagi memiliki elastisitas yang baik hingga menyebabkan terganggunya peredaran dari jantung. Pembuluh darah arteri yang kaku membuat jantung bekerja lebih keras yang meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung.

"Konsumsi alkohol meningkatkan kadar lipoprotein dalam kolesterol. Namun jika terlalu banyak dan sering, tubuh akan memproduksi sejenis enzim yang bisa memicu terjadinya kekakuan pada dinding pembuluh darah arteri," tutur Darragh O'Neill, Ph.D, pemimpin studi dari University College London

2. Pengaruhi kemampuan ereksi
Dr Adam Simon dari layanan dokter digital Push Doctor mengatakan kebiasaan mengonsumsi terlalu banyak alkohol bisa berpengaruh pada kemampuan ereksinya. Memang, Simon mengatakan tidak ada ketentuan pasti berapa banyak alkohol yang dikonsumsi pria sehingga bisa mempengaruhi performa seksualnya.

"Hal ini karena adanya perbedaan pada respons tubuh tiap orang terhadap alkohol. Tetapi alangkah baiknya kita tidak minum 14 unit alkohol dalam sepekan atau setara dengan 6 gelas wine atau bir. Bila minum sebanyak ini, akan memicu masalah kesuburan dan seksual pada pria," ungkap Simon.

Ia menjelaskan, normalnya pembuluh darah akan terbuka untuk memperlancar aliran darah ke alat kelamin pria, lalu menutup lagi agar darahnya tidak keluar begitu saja dan memudahkan mereka untuk memperoleh ereksi.

"Tetapi jika Anda minum terlalu banyak, tubuh tidak akan bisa menyempurnakan proses tersebut, jadi aliran darahnya bisa keluar masuk sesuka hati," papar Simon.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:Ragam
wwwwww