Perkembangan Obat Baru untuk Pasien Kanker Payudara HER2 Positif yang Sulit Sembuh

Perkembangan Obat Baru untuk Pasien Kanker Payudara HER2 Positif yang Sulit Sembuh
Ilustrasi
Kamis, 16 Maret 2017 15:59 WIB
JENIS sel kanker payudara sangat banyak sekali. Tapi saat wanita mengalami pertumbuhan sel kanker HER2 positif diklaim sulit menjadi survivor.Karena itu, para ahli bedah kanker membuat inovasi agar penderita kanker payudara HER2 positif bisa sembuh dan tak kambuh lagi penyakitnya. Salah satunya yakni pemberian kombinasi obat yang tepat agar tak terjadi resistensi.

"Pasien HER2 positif bisa resisten saat menjalani pengobatan. Bahkan, dalam satu tahun penyakitnya bisa kambuh," ujar Ketua Perhompedin Prof DR dr Arry Haryanto SpPD-KHOM, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017).

Dari Perhompedin menambahkan, saat ini kemajuan pengobatan kanker payudara menyebabkan frekuensi kematian menurun. Pengobatan kanker payudara ditentukan berdasarkan sifat dan tipe sel kankernya.

Ads
Secara umum, menurut Prof Arry, pasien dengan status HER2 positif memiliki perjalanan penyakit yang buruk. Kankernya cepat tumbuh dan pembuluh darahnya juga bertambah dengan cepat, sehingga selnya mudah menyebar.

Prof Arry menyebutkan, sel kanker dibagi menjadi tipe luminal A (estrogen positif), luminal B (estrogen positif namun dengan ekspresi HER2 hanya sedikit), HER2 positif, dan tipe triple negatif.

"Luminal A paling bagus perjalanan penyakitnya, sehingga cepat disembuhkan,"katanya.

Agar pasien HER2 responnya baik dan sel kankernya mati, dikembangkan obat pertuzumab. Obat ini mampu mengikat HER2, juga dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker ganas itu.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww