Keren Nih! SMKN 3 Jayapura Buka Jurusan Energi Terbarukan

Keren Nih! SMKN 3 Jayapura Buka Jurusan Energi Terbarukan
Ilustrasi
Rabu, 15 Maret 2017 10:12 WIB
JAYAPURA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Kota Jayapura, Papua membuka satu jurusan baru di sekolah itu yakni jurusan energi terbarukan."Kementerian Sumber Daya sudah datang untuk kaji banyak tentang jurusan baru yang kami baru buka jurusan ini yakni jurusan energi terbarukan," kata Kepala SMK Negeri 3 Jayapura, Zeth G.Victor Faudubun di Jayapura, Rabu (15/3/2017).

Menurut dia, pihaknya memiliki alasan tersendiri mengembangkan jurusan energi terbarukan di Papua. Karena jurusan ini cocok di wilayah paling timur ini, tapi juga jurusan ini langka di Indonesia. "Jurusan ini hanya ada di tiga sekolah yang ada di Indonesia yakni di SMKN 3 Jayapura, salah satu SMK di Kalimantan, kemudian salah satu SMK lagi di Yogyakarta," katanya.
Victor menuturkan, alasan pihaknya untuk membuka jurusan itu karena energi potensial yang berasal dari minyak bumi, cepat atau lambat akan habis. Bahkan dalam perhitungan para ilmuwan memprediksi pada tahun 2025 hingga 2030 akan terjadi krisis energi sehingga harus dicarikan energi potensial lain yang diluar daripada minyak bumi.

"Energi potensial lain yang berada diluar energi minyak bumi yaitu energi matahari, energi bayu/angin dan energi mikrohidoro/aliran air dengan skala yang besar, kita bisa buat menjadi energi listrik, atau energi biomasa," ujarnya.

Ads
Sementara ini pihaknya berupaya mencoba beberapa energi itu di jurusan yang baru dibuka itu. "Kami baru mencoba konstrasi energi matahari dan energi bayu, sementara energi mikrohidro masih harus membutuhkan peralatan yang lebih canggih lagi misalnya kincir, dari segi bangunannya dan sistem turbinnya bagimana membuatnya, ini kan butuh sebuah ketrampilan yang multidimensi ilmu, jadi kami masih belum konsentrasi kesitu," ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, SMKN 3 Jayapura memiliki jurusan teknik survei/ukur tanah, teknik gambar, teknik kontruksi kayu, teknik batu beton, teknik listrik, teknik permesinan, teknik pengelasan, teknik kendaraan ringan. Selanjutnya, jurusan teknik sepeda motor, teknik geologi pertambangan, teknik lambing dan sanitasi, teknik energi terbarukan, dan teknik komputer jaringan.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww