Saat ini, fenomena gaji istri yang lebih besar ketimbang suami semakin banyak terjadi. Hal ini didorong oleh semakin banyaknya jumlah istri yang bekerja, baik sebagai pekerja tetap maupun pekerja lepas. Awalnya, gaji istri yang lebih besar dianggap sebagai hal aneh. Kini, fenomena tersebut bukanlah hal tabu.

Banyak orang menganggap istri berpenghasilan lebih tinggi akan kurang menghargai suaminya karena dirinya akan menganggap dirinya lebih. Itulah mengapa beban mencari nafkah ada di pundak suami untuk menjaga harga diri dan martabat suami di depan istri.

Tapi, pandangan ini tentu tidak bisa disamaratakan. Masih banyak istri yang tetap menghargai suami meskipun kariernya berada di atas suami sekarang.

Istri, waspadai reaksi suami jika mengetahui gaji istri lebih besar daripada mereka. Pertama, ada yang senang jika gajinya lebih tinggi daripada dirinya. Kedua, ada suami yang merasa gengsi jika gajinya lebih kecil daripada gaji istri. Ketiga, ada juga yang cuek dengan jumlah gaji istri. Walapun begitu, konflik rumah tangga akibat perbedaaan gaji tidak bisa diremehkan.