Jepang Hendak Kirim Kapal Perang Terbesar ke Laut Cina Selatan

Jepang Hendak Kirim Kapal Perang Terbesar ke Laut Cina Selatan
Kapal perang terbesar Jepang, Izumo, hendak dikirim ke Laut China Selatan, Mei mendatang. Foto / REUTERS
Selasa, 14 Maret 2017 09:43 WIB
TOKYO - Jepang berencana untuk mengirim kapal perang terbesarnya ke Laut Cina Selatan pada bulan Mei mendatang. Kapal perang terbesar bernama Izumo itu akan melintasi Laut Cina Selatan selama tiga bulan.

Tiga sumber militer militer Jepang mengungkap rencana itu kepada Reuters. Jika terealisasi, maka itu akan menjadi ajang pamer kekuatan angkatan laut Jepang di wilayah Laut Cina Selatan sejak perang dunia II.

Selain akan melintas di Laut Cina Selatan, kapal Izumo rencananya juga akan berhenti di Singapura, Indonesia, Filipina, dan Sri Lanka sebelum bergabung dalam latihan militer angkatan laut bersama dengan kapal India dan kapal AS di Samudera Hindia pada bulan Juli.

Kapal Izumo akan kembali ke Jepang pada bulan Agustus. ”Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan Izumo dengan mengirimkannya keluar pada misi yang diperpanjang,” kata salah satu sumber yang mengetahui rencana tersebut, yang dikutip Selasa (14/3/2017).

”Ini akan berlatih dengan Angkatan Laut AS di Laut Cina Selatan,” ujar sumber tersebut yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena dia tidak berwenang berbicara kepada media.

Kapal Izumo dengan panjang 249 meter adalah kapal perang terbesar Jepang era Perang Dunia II. Kapal perang ini bisa beroperasi dengan membawa sembilan helikopter.

Pihak Pasukan Pertahanan Diri Maritim Jepang menolak berkomentar atas bocoran informasi tersebut. Jepang sejatinya bukan negara yang terlibat sengeketa klaim wilayah di Laut Cina Selatan. Negara ini bersengketa dengan Cina atas klaim Laut Cina Timur.

Meski tidak terlibat sengketa Laut Cina Selatan, tapi Jepang sejalan dengan Amerika Serikat yang ingin menegakkan kebebasan bernavigasi di wilayah internasional di Laut Cina Selatan.
Ads
Editor:Kamal Usandi
Sumber:sindonews.com
Kategori:Ragam
wwwwww