Hilang Misterius, di Mana Lima Pesawat Ini?

Hilang Misterius, di Mana Lima Pesawat Ini?
Ilustrasi
Senin, 13 Maret 2017 13:56 WIB
PENEMUAN puing-puing pesawat menjadi kunci utama untuk memecahkan kecelakaan yang melibatkan moda transportasi udara tersebut. Nyatanya, banyak kecelakaan udara masih menjadi misteri hingga saat ini akibat tidak adanya jejak satu pun.Berbagai teori hingga konspirasi kerap membayangi insiden hilangnya berbagai pesawat di dunia. Setidaknya, ada lima insiden hilangnya pesawat yang masih terus menjadi misteri, sebagaimana dikutip dari Wonderlist, Senin (13/3/2017).

1. Pesawat Amelia Earhart
Amelia Mary Earhart merupakan pilot perempuan pertama yang sukses terbang solo melintasi Samudera Atlantik. Namun, sang pionir di bidang penerbangan Amerika Serikat (AS) ini mengalami insiden yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Pada saat Earhart mencoba mengadakan penerbangan sirkum navigasional di dunia pada 1937 menggunakan pesawat Lockheed Model 10 Electra, ia mendadak hilang. Earhart disebut hilang ketika ia terbang di atas Samudera Pasifik pusat dekat Pulau Howland. Penemuan botol krim bintik-bintik untuk kulit yang berasal dari 1930-an di Pulau Nikumaroro menjadi titik terang. Terdapat dugaan botol itu merupakan milik Earhart dan menjadikan wilayah Pulau Nikumaroro sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

Ads
2. Penerbangan 19/Flight 19

Penerbangan 19 atau flight 19 merupakan salah satu insiden pesawat hilang yang paling tenar di kalangan para penyuka teori konspirasi. Sebab pesawat ini hilang di dekat Segitiga Bermuda.

Insiden ini menimpa lima pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat pada (5/12/1945). Pada saat itu lima pesawat bomber Grumman TBM Avenger torpedo sedang mengikuti latihan terbang dari Landasan Udara For Lauderdale, Florida.
Namun ketika mendekati terbang di atas Segitiga Bermuda, pesawat itu beserta 14 krunya hilang begitu saja. Hingga saat ini masih belum diketahui apa yang terjadi pada lima pesawat itu. Para penyidik sendiri menduga pesawat itu meledak di udara. Sayangnya tidak ada puing-puing yang membantu membuktikan dugaan tersebut.

3. Pesawat Boeing 727-223 di Angola

Pesawat Boeing 727-223 merupakan pesawat yang dilaporkan dicuri dari Bandara Quatro de Fevereiro di Luanda, Angola, pada (25/5/2003). Hilangnya pesawat ini berawal ketika dua pria menaiki pesawat tersebut.

Pria pertama merupakan seorang pilot Amerika Serikat dan mekanik pesawat, Ben Charles Padilla. Pria kedua seorang mekanik yang berasal dari Republik Kongo. Kedua pria disebut tidak memiliki izin untuk menerbangkan Boeing 727 yang notabene pesawat ini sebenarnya membutuhkan tiga kru untuk terbang.

Otoritas AS menduga ketika pesawat itu tinggal landas, Padila merupakan orang yang menerbangkannya. Setelah terbang, menara kontrol berusaha terus menghubungi pesawat Boeing. Sayangnya pesawat itu tidak ada respons dan transponder di pesawat dalam keadaan padam.

Pesawat itu diduga terbang menuju barat daya melewati Samudera Atlantik sebelum pesawat itu hilang. Hingga saat ini baik pesawat serta kedua pria tersebut tidak diketahui keberadaannya.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww