Gawat! Beli Kopi di Cafe Ternyata Bikin Boros

Gawat! Beli Kopi di Cafe Ternyata Bikin Boros
Ilustrasi
Minggu, 12 Maret 2017 11:49 WIB
MEMINUM kopi sekarang sudah menjadi gaya hidup urban yang sudah meluas. Tidak hanya anak-anak milenial, mereka yang mature atau mapan pun suka nongkrong di cafe sambil meminum kopi.Kebiasaan seperti ini harus Anda segera sadari dan lakukan penghematan dari pengeluaran yang boros ini. Bagaimana hitungannya sehingga minum kopi di cafe dikategorikan boros? Berikut ini hitungan Halomoney.co.id:

Segelas kopi setelah makan siang
Biasanya, membeli segelas kopi di kedai kopi dengan brand local dan asing relative cukup menguras kantong. Di gerai kopi brand asing, misalnya, segelas kopi harganya Rp40-Rp50 ribu per gelas.

Sedangkan di kedai kopi brand local harganya di bawah itu, namun harganya masih setara dengan harga makan siang Anda sekitarRp20 ribu - Rp30 ribu.

Ads
Jika setiap hari Anda meminum kopi di gerai kopi brand asing, berarti sebulan Anda menghabiskan Rp1,25 juta selama 25 hari kerja. Dan jika Anda membeli di kedai kopi lokal, anggaran Anda sekitar Rp500 ribu-Rp750 ribu sebulan selama 25 hari kerja.

Selalu membeli kue/camilan

Belum lagi setiap kali Anda nongkrong di Kafe, biasanya Anda membeli camilan. Maklum, duduk mengopi tanpa sepotong camilan ringan, rasanya kurang sempurna. Sejumput camilan ringan biasanya Rp15.000-Rp20.000. Nah ini anggaran ini relative besar jika dihitung dalam sebulan. Bisa-bisa membengkak hingga Rp500 ribu.

Ditambah dengan kopi, berarti kamu sebulan bisa menghabiskan biaya nongkrong dan meminum kopi hingga Rp1,7 juta jika kamu terbiasa di kedai kopi brand asing dan Rp1 juta hingga Rp1,25 juta di kedai kopi brand lokal. Apalagi jika Anda seorang perokok. Kopi, camilan dan rokok akan membuat Anda bertambah boros!

Biaya Parkir

Ini belum termasuk biaya lain loh. Misalnya biaya parkir motor atau mobil yang relative cukup menguras kantong. Selama tiga jam misalnya, paling tidak biaya parkirnya mencapai Rp10.000.

Caranya tentu tidak harus berhenti meminum kopi. Namun Anda mengubah kebiasaan atau gaya hidup Anda. Misalnya dari pada meminum kopi setiap hari di mall, baik di kedai asing maupun lokal, sekarang Anda mulai mengurangi menjadi seminggu sekali saja.

Bahkan jika perlu, mengapa tidak mencoba rutin meminum kopi atau teh di rumah sebelum berangkat ke kantor. Selain bisa menghemat, juga agar Anda memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga di rumah. Tentu saja dengan jenis kopi atau teh favorit Anda.

Selamat mengendalikan keuangan keluarga Anda. Gunakan situs Halomoney untuk mendapatkan beragam tips keuangan, sekaligus melakukan perbandingan dan pengajuan kartu kredit dan KTA pilihan Anda. We compare, you save.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww