JAKARTA - Sistem kekebalan tubuh anak di bawah usia lima tahun atau balita cenderung rentan terserang penyakit. Orang tua bertugas menjaga kondisi mereka agar tetap sehat. Anak sehat berarti memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima. Umumnya, sistem kekebalan tubuh anak lebih mapan saat mereka mulai sekolah. Anak yang melewati hari-harinya di tempat penitipan atau sudah menjalani pendidikan usia dini cenderung tidak mudah sakit. Sedangkan anak yang lebih banyak berdiam diri di rumah rentan sakit di periode awal sekolah.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak balita, seperti dikutip dari laman Kidspot:

1. Konsumsi makanan sehat
Terapkan pola hidup, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayuran segar. Makanan sehat dengan komposisi seimbang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa makanan yang disarankan untuk disantap adalah buah beri, brokoli, paprika, tomat dan pepaya, serta makanan yang kaya omega 3 seperti ikan. Bawang putih juga baik untuk menambah cita rasa makanan. Jika anak cenderung pilih-pilih makanan, cobalah untuk memodifikasi tampilannya sehingga dia berselera untuk melahapnya.

2. Konsumsi air minum yang cukup
Hindari memberikan minuman yang mengandung gula tinggi, seperti jus atau minuman bersoda. Sebab, minuman manis dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh anak. Ketimbang jus, lebih baik berikan smoothies, air putih, dan susu.

3. Jaga kesehatan usus anak
Berikan mikroorganisme yang baik dalam usus anak. Cuci tangan yang bersih dan konsumsi makanan yang kaya akan bakteri baik seperti yoghurt.

4. Tidur dan istirahat yang cukup
Durasi tidur batita terbilang cukup panjang, yakni sekitar 11-14 jam. Anak juga masih memerlukan tidur di siang hari untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.