JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) hari ini mengoperasikan Jembatan penyebrangan orang (JPO) di Stasiun Tanah Abang. "Mulai Jumat 10 Maret 2016 JPO antar peron yang dibangun di sisi utara Stasiun Tanah Abang mulai diujicoba untuk pengguna jasa KRL berpindah antar peron," tutur VP Komunikasi PT KCJ, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

JPO itu memiliki panjang 60 meter dan lebar 6 meter, berdinding kaca pada sisi kanan dan kirinya dan dilengkapi tiga tangga manual dan enam eskalator. "Pada sisi kanan kiri JPO juga dipasang kaca sehingga para pengguna jasa dapat melihat situasi sekitar Stasiun Tanah Abang maupun situasi peron," kata Eva.

Melalui pengoperasian JPO antar peron itu maka tidak ada lagi pengguna jasa yang melintasi jalur rel saat akan berpindah peron.

Selain itu, bersamaan dengan pengoperasian JPO, PT KCJ juga memfungsikan bangunan hall di sisi utara Stasiun Tanah Abang, sehingga pintu masuk bisa melalui jalan Jatibaru. "Hall baru tersebut dilengkapi dengan fasilitas 15 gate elektronik yang dapat digunakan untuk transaksi tiket masuk dan keluar Stasiun Tanah Abang.

Kedepannya secara bertahap area hall juga akan dilengkapi dengan perangkat vending machine tiket," tutur Eva.

"Bagi para penumpang yang ingin keluar menuju arah pasar Tanah Abang tetap dapat beraktivitas menggunakan hall yang terletak di bagian atas pada sisi selatan Stasiun Tanah Abang," sambung dia.