JAKARTA - Penggunaan material kulit pada sepeda motor belakangan ini tengah marak digunakan sebagai inovasi dari bosannya pemilik motor pada jok standar pabrikan. Namun ketahui juga bahwa jok kulit motor tidak boleh dicuci. Menurut Edi Pamungkas, Web Development Management MBtech, menerangkan bahwa penggunaan jok kulit yang mulai banyak diaplikasikan pada dasarnya memiliki perawatan yang mudah. Tapi perlu diperhatikan bahwa kulit jok baiknya jangan dicuci saat membersihkan sepeda motor.

"Bahan kulit jok pada dasarnya memiliki lapisan pelindung yang berfungsi untuk menjaga kualitas warna dan tekstur kulitnya. Pelindung tersebut sangat rentan dengan zat kimia, khususnya pada zat yang terdapat di cairan pembersih sepeda motor," tambahnya.

Selain itu menurutnya, meski beberapa sampo cuci sepeda motor tidak memiliki zat kimia yang berbahaya untuk lapisan jok kulit, baiknya menurut Edi hindari membersihkan jok menggunakan sabun saat mencuci di tempat cuci pinggir jalan.

Untuk membersihkan kulit jok sebenarnya sangat mudah tanpa harus menggunakan cairan seperti sampo atau pun sabun yang belum diketahui pemilik motor apakah bisa merusak lapisan kulit jok atau tidak.

"Caranya sangat mudah yakni cukup bersihkan kulit jok motor menggunakan air hangat, jika terdapat noda bisa dibersihkan menggunakan sabun bayi yang aman bagi lapisan kulit jok," pungkasnya.