5 Tips Ini Ampuh Jauhkan Wajah dari Jerawat Saat Menstruasi

5 Tips Ini Ampuh Jauhkan Wajah dari Jerawat Saat Menstruasi
Ilustrasi
Rabu, 08 Maret 2017 16:23 WIB
JAKARTA - Menstruasi (haid atau datang bulan) merupakan satu kata yang sangat akrab di telinga para wanita. Dalam reproduksi, menstruasi merupakan periode penting yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon estrogen juga progesteron. Siklus menstruasi pada wanita, rata-rata terjadi setiap 28 hari sekali dengan periode 2 sampai 15 hari.Jelang menstruasi, biasanya ada beberapa tanda dan gejala yang yang kerap menghampiri. Mulai dari keram perut, demam, sakit kepala, keputihan, emosi yang tidak stabil, bau badan tidak sedap, hingga muncul jerawat di wajah.

Alangkah menjengkelkan jika setiap bulan wajah kita selalu disinggahi oleh jerawat. Jerawat yang muncul di wajah biasanya disebabkan oleh gangguan kelenjar minyak yang dimulai dari lapisan dermis pada kulit. Ketika folikel rambut tersumbat oleh debu dan minyak, penyumbatan pun terjadi. Kadang-kadang penyumbatan ini tidak terlihat pada permukaan kulit. Dari situlah cikal bakal terjadinya jerawat.

Seiring berjalannya waktu, jerawat bukan hanya dialami para remaja saat memasuki masa menstruasi. Kini jerawat dapat bersarang ketika Anda memasuki usia dewasa dan menjadi permasalahan kulit yang lebih kompleks karena gaya hidup modern.

Tahukah Anda ada banyak penyebab timbulnya jerawat? Bagi para remaja, jerawat bisa timbul tidak hanya di masa menstruasi saja. Stres yang Anda alami saat sedang ujian juga menjadi pemicu timbulnya jerawat. Sementara bagi Anda yang sudah bekerja, harus lebih bijak lagi untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Hal itu disebabkan, terlalu lama bekerja dan kurang tidur dapat mempengaruhi hormon stres dan berkurangnya imunitas tubuh sehingga jerawat muncul di wajah Anda.

Tak hanya itu saja, sebagai teman akrab Anda, handphone juga jadi tempat favorit bersarangnya bakteri penyebab jerawat. Selain handphone, diet tidak seimbang juga dapat mempengaruhi perubahan bakteri dan menyebabkan peradangan, hingga munculnya jerawat. Terakhir, pastikan jika Anda sudah mencuci muka dengan tepat. Mencuci muka dengan terburu-buru tentu saja tidak efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung dari sumbernya.

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan adanya jerawat membandel yang bersarang di wajah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat terutama menjelang masa menstruasi. Berikut ini lima cara yang bisa Anda lakukan agar wajah terbebas dari jerawat yang membandel:

Konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup

Jerawat yang timbul di wajah Anda tidak cukup jika hanya diatasi dengan perawatan kulit yang tepat. Alangkah lebih baik jika Anda mencegah timbulnya jerawat dari dalam tubuh juga. Tuntaskan masalah jerawat Anda dengan rajin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satu cara terbaik untuk menikmati buah dan sayur, yaitu dijus dengan komposisi yang menarik. Misalnya, konsumsi campuran air perasan lemon dan mentimun atau jus perpaduan antara tomat, apel, dan wortel. Selain mengonsumsi buah dan sayur, pastikan Anda telah minum air putih sesuai dengan batas yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hindari wajah dari paparan sinar matahari dan gunakan pelembab saat traveling

Jangan biarkan wajah Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung. Khusus bagi Anda para traveler penggemar pantai, selalu sediakan pelembab wajah agar terhindar dari sinar UV. Sudah bukan rahasia lagi jika sinar UV dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan dapat merusak lapisan luar kulit.

Tidur yang cukup

Sebanyak apapun kerjaan Anda, jangan lupa untuk meluangkan waktu tidur. Tidur yang cukup terbukti ampuh untuk menghindari hormon stres penyebab timbulnya jerawat.

Perhatikan kebersihan barang yang digunakan untuk merawat wajah

Hampir setiap hari wajah Anda selalu berhadapan dengan makeup. Oleh karena itu, selalu perhatikan kebersihan kuas dan spons yang kerap Anda gunakan. Sebaiknya bersihkan kuas dan spons secara rutin seminggu sekali dengan sabun atau sampo yang memiliki formula lembut. Selain itu, hindari penggunaan satu handuk untuk wajah dan tubuh. Kondisi handuk yang lembab sangat disukai oleh bakteri dan kuman.

Gunakan rangkaian produk POND'S Acne Solution

Untuk mengatasi masalah Anda, pembersih wajah ternama POND'S memperkenalkan rangkaian produk inovasi terbaru New Acne Solution. POND'S menghadirkan pembersih wajah POND'S Acne Solution Facial Foam yang dapat digunakan untuk mencuci muka setiap hari, Membersihkan wajah, serta menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung dari sumbernya.

POND'S Acne Solution juga menghadirkan POND'S Acne Solution Daily Expert Gel Moisturizer yang dapat digunakan di seluruh wajah setelah mencuci muka. Gel moisturizer-nya juga bekerja aktif melembapkan, serta bekerja menghilangkan bakteri penyebab jerawat langsung dari dalam selnya.

Dilengkapi dengan teknologi Lock & Clear yang hanya dimiliki oleh POND'S, wajah bisa terbebas dari jerawat dalam tiga hari. TeknologiLock & Clear merupakan penemuan terbaru dari POND'S Institute yang telah dipatenkan.

Kandungan aktif Thymo T Essence dalam POND'S Acne Solution terbukti secara klinis mampu mengurangi jerawat dalam waktu tiga hari. Menariknya, POND'S Acne Solution Facial Foam berbeda dengan produk lain karena tidak membuat kulit kering. Selalu gunakan rangkaian produk POND'S Acne Solution 2 (dua) kali sehari untuk hasil yang optimal.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:Ragam
wwwwww