Rahasia Ikan Koki Bisa Hidup di Selokan Jepang

Rahasia Ikan Koki Bisa Hidup di Selokan Jepang
Ilustrasi
Selasa, 07 Maret 2017 12:45 WIB
Video penampakan sebuah selokan di Jepang menjadi viral baru-baru ini. Begitu bersih dan jernihnya, sehingga selokan itu menjadi tempat hidup ikan.Kisah selokan bersih dan jernih di Jepang itu diceritakan kembali oleh Kamarul Ilmar, warga Malaysia yang memiliki pengalaman bekerja sebagai kontraktor di negeri Sakura itu.

Berikut kisahnya:

Pasang Pipa Limbah dari Rumah Penduduk

Ads
Dua tahun sebelum ditarik kembali ke Malaysia, saya ditugaskan untuk menangani proyek pemasangan pipa limbah dari rumah penduduk di Jepang.

Ini adalah pengalaman baru bagi saya. Sebelum ini saya lebih fokus pada pekerjaan konstruksi infrastruktur seperti pembangunan jembatan, jalan raya dan perbaikan tebing sungai saja.

Saya bertanya kepada manajer saya, apa tujuan pasang pipa limbah ini. Dia mengatakan, kalau di kota-kota besar, sistem yang dinamakan Gesuido (Pipa Air Limbah) ini sudah lama diterapkan di Jepang.

Kepada Kamarul, sang manajer bercerita, dulu di kampung-kampung mereka hanya ada tangki limbah saja. Tiap kali tangki penuh mereka akan panggil truk pompa datang sedot.

" Kamu tahu? Air limbah ini tidak hanya limbah manusia, tapi semuanya. Bekas cucian, kamar mandi, dapur semuanya masuk tangki itu," kata manajer saya saat itu.

Ternyata Selokan Hanya Berisi Air....

Karena itu, dalam Sistem Gesuido ini, air limbah rumah tangga tidak satu tetes pun yang mengalir ke selokan. Air selokan hanya berisi air dari sungai dan hujan saja.

Meski begitu, limbah rumah tangga yang masuk ke dalam tangki dan diangkut truk itu akan diolah kembali sebelum dilepas ke alam.

" Semua air yang telah digunakan untuk keperluan rumah tangga dengan air alami yang masih bersih perlu dipisahkan. Ini agar air limbah rumah tangga dapat didaur ulang dan dilepaskan dalam kondisi bersih ke sungai-sungai," jelas manajer saya.

Kata manajer saya, air yang telah digunakan untuk keperluan rumah tangga tidak boleh dilepaskan begitu saja ke dalam selokan.

Mengagumkan!

" Pantas saja, ibu sebelah tempat saya tinggal santai saja mencuci sayur dengan air selokan," kata saya kepada manajer.

" Memang, sebab air dalam selokan itu hanya berisi air hujan dan air sungai. Memang selokan di sini hanya bertujuan mengalirkan air hujan saja," kata manajer saya.

Saya sekarang paham mengapa ikan koi bisa hidup di air selokan di Kota Tsuwano di Prefektur Shimane, tempat saya bekerja. Rupanya air selokan itu tak bercampur dengan air limbah rumah tangga.

Editor:Sisie
Sumber:dream.co.id
Kategori:Ragam
wwwwww