MOMS, kadar gula darah Anda tidak akan memengaruhi kemampuan Anda menyusui. Kadar gula seharusnya harus kembali normal setelah Anda melahirkan bayi. Bagi ibu dengan diabetes gestasional saat masa kehamilan, pentingnya menyusui dapat menurunkan kadar gula darah pada bayi Anda. Bahkan, ASI membantu si kecil untuk melawan infeksi dan mengurangi risiko alergi.

Biasanya bidan atau dokter akan mendukung Anda untuk menyusui si kecil sesegera mungkin. Idealnya dalam waktu 30 menit dari kelahirannya.

Umumnya, selama beberapa hari pertama si kecil akan menyusu antara 8-15 kali sehari. Setelahnya, ia akan menyusu setidaknya 6-8 kali sehari. Terkadang, bayi dengan ibu penderita diabetes gestasional memerlukan perawatan ekstra setelah mereka dilahirkan.

Melansir Babycenter, Selasa (7/3/2017), jika bayi terpapar permasalahan gula darah selama kehamilan, kemungkinan ia akan memiliki gula darah rendah (hipoglikemia) dan penyakit kuning.

Ketika kadar gula dalam darah bayi rendah, dokter akan memberi tambahan gula melalui cairan infus. Bayi yang menerima cairan tambahan dari infus, biasanya mereka enggan menyusui.

Bagaimanapun, bayi perlu dipicu untuk menerima ASI. Pasalnya, kolostrum sangat berharga bagi perkembangan si bayi, meski beberapa tetes. Dengan memberikan ASI berkala, bayi akan lebih tertarik untuk menyusu dan tidak bergantung terus pada infus.