Berburu kuliner khas Timur Tengah di Legian

Berburu kuliner khas Timur Tengah di Legian
Ilustrasi
Selasa, 07 Maret 2017 14:15 WIB
LEGIAN - Bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Bali, pasti tidak asing dengan beragam makanan khas Pulau Dewata seperti ayam betutu, sate lilit, nasi campur ayam, atau rujak kuah pindang.Namun, bagi wisatawan Muslim mencari makanan halal di Bali seringkali menjadi tantangan tersendiri, karena masyarakat Bali yang mayoritas menganut agama Hindu pasti memilih mengolah hidangan dari daging babi daripada daging sapi yang dianggap sebagai hewan suci bagi umat Hindu.

Dalam perburuan mencari kuliner halal di Pulau Dewata, menyantap makanan khas Timur Tengah bisa menjadi pilihan, salah satunya di "Layali Halal Lebanese Restaurant and Shisha Lounge".

Terletak di Jalan Raya Legian Kaja, Bali, restoran yang dibuka sejak 2010 menawarkan berbagai sajian khas karya juru masak atau "chef" asli Lebanon, Ziad Mzannar.

Ziad menuturkan bahwa ide awal pembukaan bisnis Layali Restaurant bermula dari kegelisahan si pemilik, Hamid Ismail yang menyukai wisata Pulau Dewata, namun hampir tidak bisa menemukan rumah makan yang menyediakan hidangan halal khas Arab.

"Itulah yang mengilhaminya untuk memperkenalkan makanan eksotis Lebanon di sini," tutur Ziad kepada Antara.

Tidak hanya menceritakan awal berdirinya restoran, chef yang telah tujuh tahun tinggal di Bali itu pun memberi kesempatan Antara mencicipi makanan asal negeri yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania itu.

Sebagai hidangan pembuka, Ziad memilihkan hummus dan rocca salad yang termasuk menu "cold appetizer" atau hidangan pembuka dingin.

Hummus adalah olahan dari kacang garbanzo atau lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan kacang arab, yang dihaluskan dengan pasta wijen, kemudian diberi sedikit minyak zaitun dan bubuk paprika di atasnya.

Disajikan untuk cocolan roti gandum tipis panggang Lebanon yang mirip dengan roti pita, hummus memiliki tekstur lembut seperti selai kacang namun dengan rasa yang gurih dan sedikit berminyak.

Sedangkan rocca salad merupakan salah satu sajian menu sayuran yang mengkombinasikan daun rocca (Eruca sativa) sebagai bahan utama dengan potongan tomat, umbi bit yang telah direbus, kemudian ditambahkan minyak zaitun dan perasan jeruk lemon sebagai dressing.

loading...
Ads
Editor:Sisie
Sumber:antaranews.com
Kategori:Ragam
wwwwww