Wah! Ternyata Mata Bayi Bisa Berubah

Wah! Ternyata Mata Bayi Bisa Berubah
Ilustrasi
Jum'at, 03 Maret 2017 14:53 WIB
BANYAK bayi yang dilahirkan dengan mata berwarna biru ternyata mengalami perubahan warna mata seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka?Hal ini disebabkan oleh perkembangan genetik yang terus berlangsung di dalam tubuh mereka. Apa yang menyebabkan warna mata bayi berubah? Simak artikel berikut.

Yang Anda harus ketahui mengenai warna pada mata

Bagian mata yang berwarna di dalam mata disebut dengan iris. Iris berfungsi untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang dapat masuk ke dalam bola mata. Warna iris ini tergantung pada seberapa banyak melanin di dalamnya seperti halnya warna kulit dan rambut. Warna mata yang lebih gelap menyerap lebih banyak cahaya, sedangkan warna mata yang lebih terang memantulkan lebih banyak cahaya.

Ads
Apa yang menyebabkan warna mata bayi berubah?

Mata bayi Anda bisa saja berubah warna. Itu karena mata bayi merupakan bagian tubuh yang masih terus berkembang. Saat seorang bayi dilahirkan, bayi telah memiliki gennya sendiri, akan tetapi tubuhnya belum bereaksi terhadap semua gen di dalam DNAnya tersebut. Pada warna mata, melanin yang dikendalikan oleh OCA2 akan berdilusi (menipis) dan membuat mata berwarna biru dan akan tetap berwarna biru hingga dewasa.

Akan tetapi, pada beberapa bayi lainnya, saat lahir gen OCA2 ini akan aktif dan memicu melanosit untuk membentuk banyak protein yang membuat warna mata berubah dalam waktu 9 bulan hingga 2 tahun setelah lahir. Melanin dalam jumlah sedang akan membuat mata berwarna hijau atau merah kecoklatan, sedangkan melanin dalam jumlah banyak akan membuat mata berwarna coklat.

Perlu diingat bahwa tidak semua bayi dilahirkan dengan mata berwarna biru, terutama pada ras Kaukasia, Asia, Afrika, dan Hispanik. Para bayi dari ras tersebut biasanya akan dilahirkan dengan mata berwarna gelap yang tidak akan mengalami perubahan warna seiring dengan semakin bertambahnya usia mereka.

Ketika lahir, mata bayi tidak mengandung cukup banyak pigmen kecokelatan atau kekuningan yang disebut melanin untuk menunjukkan warna akhir mata. Bahkan, mata biru atau abu-abu (umum ditemui pada bayi berambut pirang) nyaris tidak punya melanin.

Tapi, selama 6-12 bulan pertama, iris matanya atau bagian mata yang berwarna  menghasilkan lebih banyak melanin di bagian tersebut dan menggelap. Pada sejumlah orang, pigmentasi lengkap tidak terjadi sampai usia dewasa. Hal ini yang menyebabkan warna mata bayi berubah.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww