Pakai Tusuk Gigi Justru Bikin Sisa Makanan Terjebak di Antara Gigi dan Membusuk

Pakai Tusuk Gigi Justru Bikin Sisa Makanan Terjebak di Antara Gigi dan Membusuk
Ilustrasi
Jum'at, 03 Maret 2017 12:42 WIB
MENGGUNAKAN tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Tapi, sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk menggunakan tusuk gigi terlalu sering, kenapa?Jika digunakan dengan benar, tusuk gigi bisa menjadi alat hebat untuk menghilangkan sisa makana di antara gigi-gigi. Tetapi, jika digunaan secara agresif, alat ini bisa melukai gusi dan gigi.

Jadi, ada baiknya sebelum pergi ke restoran, Anda mungkin perlu membawa benang gigi. Karena, tusuk gigi telah terbukti berbahaya bagi kesehatan mulut Anda. Selain menusuk gusi Anda, tusuk gigi justru dapat menyisakan beberapa makanan yang terjebak di antara gigi geraham.

Dr Robert Kironde, ahli gigi dari Dino Dental, Kampala, mengatakan, kerusakan gigi meningkat akibat dari penggunaan tusuk gigi. Banyak orang menggunakan tusuk gigi setelah makan, bukannya menyikat gigi atau flossing.

Ads
"Tusuk gigi mengupas gusi dan mendorong lebih banyak makanan di antara gigi. Hasilnya makanan membusuk di rongga, juga mengekspos penyakit gusi," kata Kironde yang dikutip Newvision, Jumat (3/3/2017).

Dr Kironde menyarankan membeli benang gigi untuk membantu menghilangkan plak dan makanan membusuk yang cenderung menempel di antara gigi. Pembusukan makanan dan plak juga menyebabkan iritasi pada gusi, sehingga jaringan gusi lebih mudah berdarah.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww