BANDUNG - Polisi masih memburu rekan pelaku peledakan di Taman Pandawa, Kelurahan Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, tadi pagi. "Masih dalam pencarian," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus di lokasi kejadian, Senin (27/2/2017).

Terjadi ledakan di Taman Pandawa pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB. Usai meledakkan bom pelaku melarikan warga ke kantor Kelurahan Arjuna yang berjarak sekitar 200 meter dari Taman Pandawa. Pelaku berhasil dilumpuhkan dan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Yusri menjelaskan kronologi ledakan berawal dari laporan warga sekitar 09.25 bahwa terjadi ledakan dan pelaku masuk ke kantor kelurahan. Menurut keterangan warga, pelaku datang dibonceng rekannya menggunakan sepeda motor. Keduanya turun dan pelaku meledakkan bom di Taman Pandawa sementara rekannya tidak diketahui keberadaannya. Warga hanya mendapati motor Suzuki Smash yang digunakan keduanya di sekitar lokasi kejadian.

"Pelaku membawa senjata api dan senjata tajam jenis sangkur masuk ke kantor kelurahan," ujar Yusri.

Beberapa pegawai Kelurahan yang didominasi perempuan berhamburan keluar kantor saat pelaku peledakan masuk. Menurut Yusri, ada delapan orang pegawai, dua laki-laki dan enam perempuan.

Pelaku kemudian naik ke lantai dua, ruangan lurah Arjuna. Setelah ruangan kantor dipastikan steril, petugas gabungan Densus 88 dan Polrestabes Bandung mengepung kantor kemudian meminta pelaku menyerahkan diri, namun tidak digubris. Pelaku bahkan melemparkan bom ke arah polisi.

Saat pelaku turun, polisi melakukan penyergapan. Pelaku tewas dengan peluru bersarang di perut bagian kanan atas.