Duh..Ternyata Tak Semua Presiden AS Punya Gelar Sarjana Lho!

Duh..Ternyata Tak Semua Presiden AS Punya Gelar Sarjana Lho!
Ilustrasi
Senin, 27 Februari 2017 09:51 WIB
VIRGINIA - Amerika Serikat (AS) telah memiliki sederet mantan presiden yang menjadi tokoh panutan di eranya. Tercatat, presiden pertama Negeri Paman Sam itu adalah George Washington yang menjabat dari 1789 sampai 1797.Sedangkan saat ini, Donald Trump menjadi presiden ke-45 menggantikan Barack Obama.

Siapa sangka, ternyata 12 presiden AS yang pernah menjabat tersebut tidak memiliki gelar formal. Bahkan delapan di antaranya tidak pernah kuliah. Menariknya, George Washington dan Abraham Lincoln yang kerap menjadi ikon presiden AS termasuk dalam daftar yang tidak menyelesaikan studi formalnya.

George Washington menghabiskan masa studi tingkat dasar dari tutor dan di sebuah sekolah dasar yang dijalankan oleh pendeta Anglikan dekat Fredericksburg, Virginia. Dia kemudian mendapat izin menjadi seorang surveyor di College of William dan Mary di Williamsburgh, tetapi dia tidak mendapat gelar dari sana.
Sedangkan Abraham Lincoln yang menjadi presiden AS pada 1861 sampai 1865 diketahui tidak pernah menghadiri universitas. Lincoln yang dikenal cerdas belajar hukum sendiri, dan lulus dalam ujian negara pada 1836.

Ads
"Tidak semua presiden sama. Mereka punya cara masing-masing untuk dikenal," tutur seorang profesor sejarah dari Ball State University, Dr Douglas Seefeldt, disitat dari USA Today, Senin (27/2/2017).

Meski begitu, 16 presiden AS merupakan jebolan kampus Ivy League. Satu orang di antaranya juga berhasil meraih PhD. Diketahui, kampus yang paling banyak mencetak presiden, yakni Harvard University, yakni enam presiden dan empat wakil presiden.

Editor:Sisie
Sumber:okezone.com
Kategori:Ragam
wwwwww