SEPULANG bepergian tak sengaja Anda kehujanan yang membuat tubuh basah kuyup. Tapi pasti Anda khawatir mengalami demam dan flu setelanya. Agar esoknya tidak sakit, lakukan enam tips sehat di musim hujan berikut ini. Simak penjelasannya, dilansir Boldsky, Minggu (26/2/2017).

Singkirkan pakaian basah

Setiba di rumah jangan langsung mandi air dingin jika tubuh basah kuyup. Masuklah ke kamar mandi dan tanggalkan pakaian basah Anda. Karena pakaian basah dapat meresap ke paru-paru yang membuat Anda kedinginan atau bahkan flu setelah kehujanan.

Hindari mandi air dingin

Setelah itu, guyur tubuh dengan air hangat pelan-pelan. Kalau perlu keramaslah agar kepala terasa lebih ringan. Bersihkan kotoran dari genangan air yang menempel di tubuh. Cara ini dilakukan untuk menghindarkan Anda dari penyakit infeksi kulit.

Gunakan sabun

Saat mandi, pakai sabun andalan Anda agar kulit tetap lembab. Selain itu, sabun juga dapat menyingkirkan kuman dan virus yang mungkin ada di dalam air hujan. Setelah itu, guyur badan Anda hingga bersih dan jangan mandi terlalu lama untuk mencegah flu.

Pakai baju hangat

Setelah mandi, keringkan seluruh badan Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan pakaian hangat yang menutupi seluruh tubuh. Sebaiknya jangan nyalakan AC atau kipas angin dalam kamar agar suhu tubuh tetap normal.

Santap makanan berkuah

Setelah tubuh tampak segar, Anda dapat membuat makanan berkuah. Seperti sup, bakso atau sayuran segar lainnya yang direbus bersama kuah lezat. Hindari makan mie instan karena bisa memicu gangguan kesehatan lainnya.

Minum secangkir teh

Sembari makan, Anda juga dapat menyeruput secangkir teh. Panas dari segelas teh tersebut dapat menghangatkan tubuh. Selain itu teh juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara alami. Selamat mencoba ya!