INDRAMAYU - Harga cabai rawit merah di Pasar Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, masih tinggi. Para pedagang menjual Rp 150 ribu per kilogram. Seorang pedagang sayuran dan bumbu dapur mengatakan harga cabai rawit merah itu sudah mengalami penurunan dibandingkan dengan dua hari sebelumnya, tetapi harga tergolong masih tinggi. "Dua hari yang lalu saya jual per kilogramnaya Rp 180 ribu, tapi sekarang untuk cabai rawit merah di kisaran Rp 150 ribu per kilogramnya," katanya di Pasar Baru Indramayu, Mimin, di Indramayu, Jumat (24/2/2017).

Penurunan harga itu, katanya, terlihat belum bisa menaikkan minat pembeli membeli dalam jumlah yang cukup banyak, karena harganya tergolong masih tinggi. Dia menuturkan dengan kondisi harga cabai seperti sekarang ini tidak menguntungkan pedagang, karena pembelinya terus mengurangi belanjaan.
"Kalau harga naik pedagang seperti kami tidak diuntungkan sama sekali, malah jadi sepi," tuturnya.

Mimin mengatakan harga cabai rawit hijau mengalami penurunan yang cukup banyak. Harga saat ini Rp 40 ribu per kilogram, sedangkan sebelumnya Rp 90 ribu.  "Untuk cabai rawit hijau sudah turun cukup banyak, saya menjualnya Rp 40 ribu per kilogram," tuturnya.

Siti, salah seorang pembeli, mengaku meskipun ada penurunan harga cabai rawit merah, hal itu masih dipandang terlalu mahal. Ia mengaku lebih memilih membeli cabai rawit hijau. "Ya mending yang hijau sudah lumayan murah, tidak seperti yang merah," katanya.