Inilah Dampak Buruk Kecanduan Smartphone untuk Kesehatan

Inilah Dampak Buruk Kecanduan Smartphone untuk Kesehatan
Ilustrasi
Kamis, 23 Februari 2017 10:45 WIB
JAKARTA - Beragam telepon seluler pintar atau smartphone sudah banyak dijual bebas dan dimiliki oleh orang-orang. Akses ke internet menjadi begitu mudah sehingga beberapa di antara kita mungkin sulit untuk lepas dari smartphone, sesekali berhenti mengecek pesan yang masuk.Meski smartphone ini membawa manfaat positif memudahkan komunikasi, perlu diketahui bahwa penggunaan yang berlebih dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan. Beberapa aspek mulai dari kesehatan mental dan fisik bisa terpengaruh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh dampak buruk tersebut.

loading...
1. Mengganggu emosi
Dua studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Essex menemukan bahwa kebedaraan smartphone dapat mengganggu emosi secara negatif. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen pada 37 responden yang diminta untuk bercakap-cakap dengan orang asing selama 10 menit.

Ads
Responden dipisah menjadi dua kelompok dan ditempatkan di dalam ruang tertutup. Pada satu ruangan tersedia smartphone di meja dan pada ruangan lainnya tidak ada sama sekali.

Hasilnya setelah berbincang selama 10 menit responden yang berada pada ruangan tanpa smartphone melaporkan merasa lebih dekat dengan lawan bicaranya. Sementara itu responden yang berada pada ruangan dengan smartphone berbincang namun sambil terdistraksi.

"Hasil ini mendemonstrasikan bahwa hadirnya telepon seluler dapat memengaruhi hubungan antar manusia. Efek ini terlihat lebih jelas ketika individu berbincang mengenai topik personal yang bermakna," tulis peneliti.

2. Meningkatkan stres
Tingginya frekuensi pemakaian smartphone berbanding lurus dengan kemungkinan meningkatnya stres. Suara pesan yang tak pernah berhenti, getaran, dan notifikasi lainnya dapat membuat seseorang merasa tertekan.

Selain itu pengaruh dari penggunaan media sosial yang berlebih juga diteliti oleh beberapa studi dapat meningkatkan rasa stres dan risiko untuk jatuh depresi.

3. Bisa tingkatkan risiko infeksi
Ketika tangan berkali-kali menyentuh smartphone, bakteri dapat menyebar dan berkembang biak di sana. Studi oleh para peneliti di London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan tingkat bakteri yang ada di layar smartphone bahkan bisa lebih tinggi dari dudukan toilet.

Dari 390 sampel yang dikumpulkan, terbukti 92 persen smartphone mengandung bakteri. Sekitar 16 persen secara spesifik mengandung bakteri E. Coli yang umum ditemukan pada feses.

Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:Ragam
wwwwww