BERSIN adalah tindakan tak sadar yang bisa terjadi kapan saja. Reaksi menutup mata saat bersin ini juga merupakan tindakan tak sadar. Namun, sebenarnya apa hubungan antara bersin dan reaksi kelopak mata Anda? Benarkah manusia tak mungkin bersin dengan mata terbuka? Simak penjelasan berikut ini untuk mencari tahu jawabannya.

Yang terjadi pada tubuh ketika Anda bersin

Anda akan bersin ketika hidung kemaukan kuman, bakteri, debu, serbuk sari bunga, partikel halus, polutan, alergen, dan material-material kecil lainnya. Ini karena otak langsung bereaksi dan mengirimkan sinyal untuk mengusir material-material asing tersebut keluar dari tubuh. Maka, paru-paru Anda akan terisi dengan udara yang cukup banyak. Kemudian, otot-otot dada akan berkontraksi dan menghentakkan udara dan material asing keluar dari sistem pernapasan. Hentakan ketika Anda bersin kecepatannya cukup mengagumkan, yaitu hingga 4,5 meter per detik.

Mengapa kita menutup mata saat bersin?

Salah satu teori yang paling kuat menjelaskan bahwa saat bersin, otak memerintahkan banyak otot untuk berkontraksi sekaligus. Beberapa di antaranya adalah otot pada kerongkongan dan otot spinchter bawah yang terletak di antara kerongkongan dan lambung. Itulah mengapa saat bersin perut Anda biasanya ikut menegang. Namun, otot pada kelopak mata juga ikut diperintahkan untuk berkontraksi saat bersin. Akibatnya, Anda pun akan memejamkan mata ketika sedang bersin.

Ada juga teori lain yang banyak diyakini para ahli. Teori ini menduga bahwa secara refleks, kelopak mata akan melindungi mata dari objek asing yang kemungkinan masuk atau menyentuh bola mata. Contohnya ketika ada orang yang mengayunkan tangannya ke arah wajah atau mata Anda. Anda pasti secara tak sadar langsung memejamkan mata.

Mungkinkah bersin dengan mata terbuka?

Menurut pengamatan para ahli, bersin dengan mata terbuka bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya, reaksi tubuh setiap orang berbeda-beda. Anda bisa saja menahan kelopak mata ketika bersin sekuat tenaga. Namun, Anda berisiko kelilipan kuman, bakteri, atau debu yang dikeluarkan oleh hidung dan mulut.

Benarkah bola mata bisa keluar ketika bersin?

Ada mitos yang beredar bahwa bersin dengan mata terbuka bisa membuat bola mata Anda loncat keluar dan copot. Nah, Anda bisa bernapas lega karena hal ini tak lebih dari sekadar mitos. Menurut David Huston, pakar alergi dari Houston Methodist Hospital di Amerika Serikat, hentakan yang terjadi ketika bersin tidak cukup kuat untuk membuat bola mata Anda keluar.