APAKAH Anda pernah merasa cemas? Perasaan cemas yang biasanya dirasakan, umumnya akan berlalu setelah kondisi yang menekan atau pemicu kondisi tertekan tersebut berlalu. Namun beberapa tips ini juga bisa Anda coba lakukan untuk meringankan kecemasan yang Anda rasakan.

Tips meringankan kecemasan

Saat Anda merasa cemas, Anda biasanya merasa buntu dan tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk merasa lebih baik. Tanpa Anda sadari bahkan, apa yang Anda lakukan mungkin justru memicu kecemasan Anda. Berikut beberapa hal yang mungkin dapat Anda coba lakukan untuk meringankan kecemasan yang Anda rasakan:

1. Ambil napas panjang

Hal pertama yang seharusnya Anda lakukan saat Anda merasakan cemas adalah bernapas. Saran ini sesuai dengan seorang ahli psikologi klinis, Marla W Deibler, yang mengatakan bahwa pernafasan diafragma yang dalam memiliki kemampuan untuk meringankan kecemasan, karena saat Anda melakukannya, Anda membantu mengubah mode yang sedang diaktifkan tubuh dari mode tegang saraf simpatik menjadi mode tenang syaraf parasimpatik.

2. Yakini bahwa itu hanyalah permainan otak

Tips ini didukung dengan teori yang dikatakan oleh seorang psikiater Kelli Hyland, yang pernah menyaksikan secara langsung bagaimana otak Anda dapat memanipulasi pikiran Anda sehingga membuat Anda berpikir bahwa Anda tengah kritis karena serangan jantung, saat Anda sebenarnya sedang mengalami serangan panik.

3. Kesulitan masa depan, biarlah dipikirkan di masa depan

Pada sebagian besar kasus, saat Anda merasakan cemas, Anda akan cenderung untuk terfokus pada apa yang akan terjadi pada masa depan daripada masa kini. Padahal, meskipun sesuatu akan terjadi pada masa depan Anda, memfokuskan pikiran Anda terhadap hal-hal yang memang ada di depan mata Anda, akan cenderung lebih memampukan Anda untuk mengendalikan situasi di sekitar Anda.

4. Fokus pada yang lebih berarti

Anda dapat meringankan kecemasan pada fase ini dengan menyibukkan diri melakukan sesuatu yang lebih berguna untuk kehidupan Anda saat ini.

5. Lakukan diskusi positif dengan diri sendiri

Kecemasan yang dapat timbul dari permainan otak Anda sendiri menjadikan hanya diri Anda sendirilah yang paling mampu mengatasinya. Berdiskusi maupun mengatakan kata-kata positif terhadap diri sendiri, dapat Anda jadikan sebagai suatu awalan yang baik.

Kecemasan yang dibiarkan berlarut-larut atau berlebihan dapat memicu Anda mengalami gangguan rasa cemas. Pada gangguan rasa cemas, kecemasan yang Anda rasakan tak juga hilang meski pemicunya telah berlalu, bahkan jika pada awalnya rasa cemas yang Anda rasakan muncul tanpa suatu sebab tertentu. Beberapa gejala yang umum terjadi pada seseorang dengan gangguan rasa cemas, seperti Anda akan mengalami serangan panik, detak jantung yang meningkat, pernapasan yang terburu-buru, ketakutan yang berlebihan hingga akhirnya mampu mempengaruhi kehidupan sosial dan kesehatan Anda.