JAKARTA - Sediakan menu jajanan rumahan untuk anak yang dibuat sendiri, atau yang terdiri dari menu sehat seperti buah-buahan. Dengan begitu, anak akan terbiasa mengonsumsi jajanan sehat. Studi mengungkapkan ada beberapa jajanan tertentu yang bisa membuat anak berisiko mengalami penyakit liver saat dewasa. Terutama jika anak terlalu sering mengonsumsinya.

Beberapa jajanan tersebut seperti minuman soda, kue-kue manis, biskuit asin, serta junk food seperti pizza, demikian disampaikan oleh peneliti dari Bambino Gesu Hospital, Italia.

Menurut para peneliti, kebiasaan mengonsumsi makanan dengan tinggi lemak, gula, garam dan fruktosa sejak kecil dapat mengubah konsentasi asam urat serta mengganggu beberapa fungsi organ tubuh anak.

Nah, kadar abnormal asam urat dan konsumsi fruktosa merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit hati non-alkohol atau non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Ini merupakan suato kondisi di mana terdapat lemak berlebihan yang terakumulasi dalam sel-sel hati.

"Maka dari itu faktor-faktor risiko potensial NAFLD seperti konsumsi fruktosa sejak kecil dan menjaga kestabilan asam urat menjadi penting, kesehatan hati perlu dijaga sejak masih anak-anak," ungkap peneliti Valerio Nobili, seperti dikutip dari Times of India.