JAKARTA – Hampir semua orang memiliki smartphone. Dengan kebutuhan masyarakat akan penggunaan smartphone, membuat mereka harus memiliki cara untuk bisa terus mengisi ulang baterai. Salah satunya di berbagai fasilitas umum yang disediakan. Meskipun saat ini sudah banyak fasilitas yag menyediakan tempat pengisian ulang baterai, namun hal tersebut tidak begitu dianjurkan. Hal tersebut seperti dilansir dari laman CNN.

“Hanya dengan mengisi ulang handphone, perangkat dan semua data-data Anda akan terinfeksi,” ungkap Security of Firm Authentics8, Drew Paik, seperti dilaporkan dari laman CNN.
Beberapa tempat yang menyediakan fasilitas pengisian ulang baterai smartphone di antaranya bandara, pesawat, taman, sampai pusat konferensi. Sehingga orang-orang bisa selalu memiliki akses pada handphone dan data mereka. Namun koneksi di handphone tersebut tidak diketahui seberapa besar resikonya.

Kabel yang Anda gunakan untuk mengisi ulang juga digunakan untuk mengirim data. Selain itu juga tidak ada batasan, seberapa besar hacker bisa mengambil data Anda.

“Hal ini termasuk pada pesan, e-mail, kontak, sampai foto,” imbuhnya.

Paik menambahkan bahwa jika Anda peduli dengan keamanan smartphone Anda, ada baiknya jangan gunakan fasilitas pengisian ulang baterai yang ada di tempat umum.

“Jika mereka peduli dengan keamanan, jangan gunakan fasilitas umum tersebut,” pungkasnya.