LIBUR akhir pekan, saatnya Anda bermalas-malas dengan cara yang sehat. Membagi sedikit waktu Anda, cukup 30 menit saja, untuk berolahraga. Tidak susah kan? Bagi para penderita diabetes, olahraga aerobik sangat disarankan untuk mengelola kadar insulin mereka di dalam tubuh.

Keuntungan lain melakukan olahraga aerobik secara rutin adalah membuat hati dan tulang lebih kuat, mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko sakit jantung dengan menurunkan glukosa darah.

Seperti yang direkomendasi Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya, aktivitas fisik dilakukan 30 menit setiap hari. Bagi penderita diabetes, amat disarankan melakukan olahraga aerobik minimal lima hari.

Melansir laman Diabetes, Minggu (19/2/2017), saat melakukan olahraga dengan intensitas sedang atau tinggi, Anda tidak diperbolehkan menyanyi saat berlangsung. Pasalnya, menyanyi akan memengaruhi pengaturan napas saat berolahraga dan membuat Anda tidak begitu berkonsentrasi.

Bila Anda dilanda dengan segudang aktivitas, cobalah memecah kegiatan olahraga menjadi 10 menit dengan total 30 menit. Misalnya, membagi waktunya di pagi, siang, dan malam hari.

Sementara, bila Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, lakukan waktu 60 menit aerobik dalam satu hari. Berikut beberapa contoh kegiatan aerobik yang bisa para penderita diabetes lakukan di akhir pekan, di antaranya:

- Jalan cepat

- Menari

- Berenang

- Olahraga aerobik

- Bermain tenis

- Jogging

- Hiking

- Berkebun