JAKARTA - Merek Proton di Indonesia masih cukup bertahan meski perjuangannya tidak mudah. Saat ini, mereka kembali bangkit dengan menelurkan tiga model baru di 2017, dimulai dengan Proton Iriz, kemudian bakal disusul oleh Saga dan Persona. Stok model lawas yang saat ini masih disimpan diler, terutama yang belokasi di wilayah Jabodetabek, masih ada di angka 100-an unit, dengan vehicle identification number (VIN) tahun 2013-2014. Untuk merangsang masayarakat, pihak diler memberikan potongan harga besar-besaran, 40 persen sampai 50 persen dari harga awal.

“Terkait dengan berapa diskonnya untuk yang stok lama, lebih kurangnya ada 40-50 persen dari harga price list kami di awal. Contohnya seperti Proton Saga, sewaktu kami launch harganya Rp 145 juta OTR Jakarta, sekarang jadi Rp 85 juta, kira-kira diskon Rp 60 juta alias 40 persenaan,” ujar Andrea Dharmawan, Director Proton Edar Jabodetabek, Sabtu (18/2/2017).

Kemudian, lanjut Andrea, ada lagi untuk model Proton Preve, yang dari harga semula Rp 285 juta, dipangkas menjadi Rp 180 juta saja, atau diskon lebih dari Rp 100 juta. Lalu Exora, yang dahulu dihargai Rp 198 juta, saat ini bisa diboyong dengan harga Rp 145 juta.

“Memang diler kami hanya mengelola wilayah Jabodetabek, tapi bagi yang di luar daerah ingin membelinya, kami akan urus. Saat ini proses pengiriman sudah mudah,” ucap Andrea. Diler proton yang untuk Jakata dan sekitarnya, berlokasi di Pondok Indah, Tanjung Duren, dan Depok.