Melihat Tangga Kematian di Austria, Saksi Bisu Kekejian Nazi

Melihat Tangga Kematian di Austria, Saksi Bisu Kekejian Nazi
Tangga Kematian Di Austria
Rabu, 18 Januari 2017 11:30 WIB
LINZ - Kekejian Hitler dan tentara Nazi Jerman meninggalkan situs-situs sejarah yang kini berubah menjadi tempat wisata. Di Austria, ada tempat berjuluk Tangga Kematian.Tempat itu berada di dalam kamp konsentrasi Desa Mauthausen yang terletak sekitar 20 kilometer sebelah timur dari Kota Linz, Austria. Lokasi ini salah satu dari kamp terbesar yang pernah dikendalikan Jerman di Eropa.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (18/1/2017) kamp ini merupakan satu dari hampir seratusan sub kamp lainnya di seluruh Austria dan Jerman selatan. Di kamp Mauthausen ini memiliki kondisi sel yang paling brutal saat Perang Dunia II.

Hal itu ditunjukkan klasifikasinya adalah Grade III, di mana menjadi tempat musuh-musuh politik dikirim untuk dibasmi. Mereka seringkali kelelahan karena kerja paksa, lalu SS sebutan tentara khusus Nazi menyiksanya dengan penggiling tulang.

Kamp ini terletak di tepi sebuah tambang granit di mana penghuni kamp dikirim untuk bekerja. Letak pemilihan kamp dipilih karena dekat dengan pertambangan di Linz. Hitler merencanakan pembangunan kembali dengan bangunan megah yang diusulkan oleh Albert Speer.

Beberapa kali sepanjang hari, tahanan dipaksa untuk membawa blok batu seberat 50 kilogram kemudian menaiki sejumlah 186 anak tangga. Kemudian disebut dengan 'Tangga Kematian'.

Cerita tangga ini berawal dari para tahanan yang kelelahan akan ambruk tiba-tiba. Batu yang dibawa pun akan menimpa mereka sendiri. Kejadian itu menciptakan efek domino yang mengerikan dengan kepada tahanan di bawahnya.

Batu-batu yang berat akan menghancurkan anggota badan dan tubuh mereka. Setiap hari akan ada orang yang meninggal di tangga ini.

loading...
Kadang-kadang, para penjaga SS akan memaksa para tahanan yang lelah untuk balapan menaiki tangga membawa blok batu. Mereka yang selamat dari cobaan itu kemudian akan ditempatkan di barisan atas di tepi tebing dengan sebutan 'The Parachutists Wall'.

Pada suatu waktu, masing-masing tahanan akan diberi pilihan ditembak atau mendorong tahanan di depannya dari tebing. Bagi mereka yang tidak kuasa menanggung siksaan dari kamp, mereka akan sengaja melompat dari tebing dan sering terjadi bunuh diri di kamp ini.

Hari ini, 'Tangga Kematian' merupakan bagian dari tur di Mauthausen Memorial. Tangga telah diperbaiki dan diluruskan untuk memudahkan wisatawan yang akan memanjat ataupun menuruninya. Tetapi pada zaman dahulu, tangga ini miring dan licin.

Tambang Mauthausen saat ini ditumbuhi oleh pohon-pohon dan semak-semak. Sebagian besar kawasan kamp juga ditutupi oleh daerah pemukiman yang dibangun setelah perang. Sekarang, terdapat pula sebuah museum yang menjadi pusat pengunjung.

Ads
Editor:Sisie
Sumber:Detik.com
Kategori:Ragam
wwwwww