Cargo
Kemenpar
Home >  Artikel >  Profil

Dipa Galani, Anak Aceh Jawara Kompetisi Bahasa Mandarin

Dipa Galani, Anak Aceh Jawara Kompetisi Bahasa Mandarin
Dipa Galani
Senin, 09 Januari 2017 17:41 WIB
Penulis: James
MEDAN - Dipa Galani berhasil menutup tahun 2016 lalu dengan prestasi yang mengesankan. Putra Aceh kelahiran Medan, 18 September 2001 ini adalah anak dari pasangan Suriadin Noernikmat (Ketua DPP Aceh Sepakat) dengan Augusta Marsaulina Sihombing.Prestasi yang berhasil ditorehkan Dipa Galani adalah Juara III National Mandarin Competition yang diselenggarakan Bina Nusantara Jakarta. Prestasi lainnya yang diraih Dipa adalah Juara I Lomba Membaca Puisi Klasik Mandarin (2011) di Medan.

“Saya mulai menyukai pelajaran Bahasa Mandarin karena sejak Taman Kanak-kanak di sekolah Nanyang Zhi Hui sudah belajar Mandarin,” katanya kepada Go Sumut, Senin (9/1/2017). 

Anak ketiga dari tiga bersaudara ini terbilang sangat rajin ‘melahap’ segala jenis bacaan terutama yang berbahasa Mandarin. Tak heran saat masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar ia sudah lancar membaca tulisan Mandarin. 

Ads
“Pada awalnya memang sangat susah, karena untuk menuliskan hurufnya perlu ketelitian. Tapi karena berminat, lama-lama terasa semakin mudah untuk mempelajarinya,” papar Dipa yang juga terpilih menjadi Ketua OSIS Nanyang Zhi Hui. 

Menghadapi kompetisi di Jakarta beberapa waktu lalu, Dipa menceritakan bagaimana persiapannya hingga akhirnya bisa melewati tahapan dalam lomba. 

“Persiapannya sekitar satu bulan. Dimana saya harus belajar banyak tentang budaya Tiongkok termasuk cerita tentang Festival Tiongkok. Di babak semi final saya harus bercerita tentang sejarah Tiongkok dengan versi saya dalam bahasa Mandarin,” tandasnya.

Ia menambahkan, peserta yang ikut dan menjadi saingan berat Dipa adalah ada yang dari kalangan mahasiswa dan siswa lainnya dari seluruh Indonesia. Cita-citanya kedepan adalah ingin menjadi ahli perminyakan.

Editor : Arif
Kategori : Profil
www www