GREATER NOIDA, India - Murid Valentino Rossi, Galang Hendra berhasil merebut podium ketiga pada seri ke-5 Asia Road Racing Championship 2016 (AARC) kelas AP 250 di Buddh International Circuit, India, Seri kelima belangsung 29 September-2 Oktober. Pembalap asal Sleman, DI Yogyakarta ini sempat merasa kesulitan ketika balapan berlangsung. Terlebih, dia mengawali balapan dari grid ke-3 sempat tercecer ke posisi 10. Kesabaran Galang Hendra membuahkan hasil.

Rider Tim Yamaha Racing Indonesia ini bertarung sengit dengan wakil Thailand, Apiwat Wongthananon (Yamaha Racing Thailand) dan Sittishak Onchawiang (AP Honda Thailand) pada empat lap terakhir. Namun, Galang berhasil mendapatkan mengamankan podium tiga.

"Pada lap awal di race ke-2, saya berusaha menjaga ritme balap. Sempat merosot ke posisi 10, namun saya melakukan strategi berbeda setiap lap," ujar Galang Hendra.

Dia mengungkapkan, menerapkan taktik berbeda sejak memasuki tikungan ke tiga, karena setelah lepas dari tikungan tersebut, terdapat lintasan lurus di depan. "Saya sempat berada di posisi pertama, tapi mungkin rezeki mendapat podium ke tiga," sambung Galang Hendra.

Dengan hasil ini, Galang Hendra menempati klasemen 5 kelas AP 250 AARC 2016 dan di klasemen konstruktor, Yamaha Racing Indonesia berada di posisi 5. Setelah seri India, Galang akan tampil di Thailand, 1-4 Desember 2016 di Chang International Circuit, Buriram.

Menghadapi seri ke-6, kami akan melakukan program training untuk mendapatkan hasil lebih baik lagi. Dia menyatakan, mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik lagi di seri ke-6."Kami masih punya peluang besar untuk berada di posisi lebih baik dari hasil yang kami dapatkan hari ini," ujar Wahyu Rusmayadi selaku manajer tim YRI.