JAKARTA – Perusahaan otomotif Jerman kemabli merilis sedan premium untuk memenuhi selera konsumen kelas atas. Fasilitas yang dipasang pada sedan premium BMW seri 7 ini benar-benar setara dengan sebuah pesawat jet pribadi.


Sejak diperkenalkan pada 1977, BMW menjadikan Seri 7 sebagai model utama mereka. Dari generasi ke generasi, aneka fitur canggih dan inovasi teknologi otomotif BMW diterapkan di model ini. Misalnya, speedometerelektronik dan display check control yang dipasang pada generasi pertama Seri 7. Lalu di generasi ketiga yang lahir pada 1994, ada fitur dynamic stability control serta sistem navigasi terintegrasi.

Sekarang, pada generasinya yang keenam, semakin banyak fitur dan fasilitas yang ditanamkan di sedan ini. Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karen Lim mengatakan, mobil yang diperkenalkan pada Oktober 2015 lalu ini mendapat banyak pembaruan untuk menyempurnakan kenyamanan dan kemewahannya. “Ini merupakan Seri 7 terbaik yang pernah dikembangkan BMW.”

Tim Tempo berkesempatan membuktikan kenyamanan dan kelengkapan fitur pada model teranyar BMW Seri 7, 740Li Pure Excellence, Jumat pekan lalu. Dari tes seharian itu, kami menyimpulkan, cara terbaik menikmati mobil ini adalah dengan duduk di jok belakangnya.

Dimulai dari masuk mobil, penumpang  sudah dimudahkan dengan fitur pintu otomatis. Tanpa harus membanting kuat-kuat, pintu mobil yang cukup berat akan menutup sempurna dengan sendirinya. Begitu di dalam kabin, jok lebar berlapis kulit dan empuk ditambah fungsi pijat dan pengatur posisi duduk elektrik jadi hal pertama yang akan memanjakan penumpang.

Terdapat sebuah tablet layar sentuh yang terpasang pada konsol tengah di antara jok belakang. Dari aplikasi iDrive dan BMW Touch Command pada perangkat itu penumpang bisa mengatur berbagai fitur mobil; Mulai dari suhu kabin, sistem pencahayaan kabin, tirai pada jendela, memutar audio dan video, menelepon, navigasi, sampai menjelajah dunia maya. Salah satu fungsi unik yang dimiliki adalah gesture control, artinya hanya dengan gerakan tangan tanpa harus menyentuh layar di monitor depan, penumpang bisa mengoperasikan sistem ini.

Kemewahan dan fasilitas pada sedan premium BMW seri 7 bisa disebut setara dengan sebuah pesawat pribadi. Dua hal yang membedakan is mobil andalan (flagship) asal Jerman itu dengan jet pribadi hanyalah pramugari dan toilet.