Home >  Artikel >  Opini
Opini
Kisruh PSSI dan Menpora
KLB Sama dengan Sayonara Kebenaran
Selasa, 07 Juni 2016 18:49 WIB
Ya KLB- memang pasti berjalan, itu bukan barang haram. Tapi persoalannya, siapakah di antara 82 dan 92 voter yg sungguh-sungguh punya niat dan hati bersih? Dari kasat mata dan berdasarkan pengalaman yg ada, seperti 95 persen justru mengharapkan KLB bukan dg niat dan hati bersih.
MASIH jelas dalam ingatan kita tentang gempabumi yang mengguncang Kepulauan Mentawai pada tanggal 2 Maret 2016 pada pukul 19:49:47 WIB dengan kekuatan 7.8 SR dan berpotensi tsunami dan gempa ini telah membuat kepanikan di 7 wilayah kabupaten pesisir Sumatera barat
Opini
In Memoriam: Sabar Pandapotan Siagian
Sabtu, 04 Juni 2016 06:23 WIB
JUMAT (3/6) petang seorang wartawan Indonesia  andal yang penuh pengalaman, Sabar Pandapotan Siagian tutup usia dalam usia 89 tahun. Ia meninggalkan istri dan dua anak. Sabam dikenal, karena pergaulannya yang luas. Mulai dari kalangan pejabat tinggi, militer sampai sesama rekan wartawan. Baik yang berusia muda maupun mereka yang masuk kelompok “old men”
Opini
Kebiri Istilah Islami
Kamis, 02 Juni 2016 07:09 WIB
SYARIAH, istilah yang sedang naik daun beberapa waktu belakangan ini. ketika sepuluh tahun yang lalu masyarakat begitu asing dengan istilah syariah, kini mendadak semua orang demam syariah. Seolah berlomba, segala macam bentuk usahapun mulai berembel-embel syariah. Perbankan syariah, penggadaian syariah, asuransi syariah, kredit syariah, property syariah, dan sebagainya.  Bahkan trend fashion masa kinipun turut bersuka cita menggunakan lebel syariah, sampai-sampai ada brand fashion tertentu yang berstempel halal dari Majelis Ulama Indonesia. Hal ini tentu layak untuk diapresiasi. Maknanya, masyarakat semakin  yakin bahwa syariah membawa banyak manfaat bagi kehidupan. 
Opini
BANYAK pendapat menyatakan bahwa minimnya praktik beracara di ranah pengadilan terhadap mahasiswa Fakultas Hukum menjadi penyebab lemahnya hukum di Indonesia. Minimnya praktik menyebabkan kurangnya pengalaman.
Opini
Era Kebebasan Berujung Kebablasan
Senin, 30 Mei 2016 21:20 WIB
BELAKANGAN ini, media masa sedang ramai dengan pemberitaan “seks live”. Langitpun terasa runtuh, tatkala pemberitaan “seks live” tersebut semakin blak-blakan mengupas fakta. Sepasang suami istri menjual dirinya dengan beradegan intim dihadapan pelanggan, live!. Bahkan, sang suami mempersilahkan kepada pelanggan, jika mereka ada yang mau ‘memakai’ istrinya.
Untuk Para Voters PSSI (bagian-2)
Sudahkah Engkau Bicara dengan Hatimu?
Kamis, 26 Mei 2016 23:09 WIB
INI KALIkedua, aku menuangkan tulisan untukmu para voters PSSI, pengusung KLB (Kongres Luar Biasa). Sekali lagi, aku tuliskan, KLB itu bukan barang haram. KLB itu ada dalam statuta, meski tentu saja harus melalui mekanisme yang baik dan benar. Bukan mekanisme yang dipenuhi nafsu birahi.
Untuk Pak Jokowi
Selasa, 24 Mei 2016 12:04 WIB
MESKI aku bukan pendukungmu saat Pilpres lalu, tapi sekarang engkau presidenku.. Meski hati kecilku tetap berkeinginan Prabowo menjadi presiden, tapi faktanya engkaulah presiden Indonesia itu..
Untukmu Para Voters PSSI
Jum'at, 20 Mei 2016 17:56 WIB
WAHAI para voters pendukung KLB PSSI. Bacalah artikel sebelumnya, renungkanlah dengan baik. Bicaralah dengan hatimu, lalu jawablah pertanyaan kami: Sekuat singakah engkau? Sebuas singakah engkau? Seliar singakah engkau? Jika jawabmu iya: Berapa manusia sudah engkau makan? Seberapa domba sudah engkau terkam?
Kisruh PSSI dan Menpora
Antara Berdusta dan Pendusta
Rabu, 18 Mei 2016 17:00 WIB
Oleh: M.Nigara Wartawan sepakbola nasional senior "Jangan tanyakan apa yang negara berikan untukmu, tapi tanyakanlah apa yang telah engkau berikan untuk negara!"JF Kennedy KLB adalah hak anggota, itu betul. KLB dapat dilakukan, itu juga betul. Tapi, mengapa KLB harus dilakukan? Itu juga pertanyaan yang betul.
APA YANG - diharapkan oleh masyarakat sepakbola Indonesia, baca: Praktisi dan suporter, sudah terjawab. FIFA, otoritas sepakbola satu-satunya di dunia, sudah mencabut suspensinya Jumat (13/5/16). Sehari sebelumnya Pemerintah lebih dulu mencabut pembekuannya atas PSSI. Artinya PSSI telah kembali menjadi organisasi yang merdeka.
JAKARTA- Jalan keluarnya mengatasi persoalan Golkar saat ini adalah melakukan Munaslub yang fair, demokratis, tanpa intimidasi, dan politik uang. Munaslub demokratis ini akan mengubah banyak kultur di Golkar bahwa menjadi Ketua Umum, tak harus memiliki banyak uang, tetapi harus memiliki kapasitas, integritas agar mampu membawa Golkar ke masa kejayaan baru.
PADA tanggal 10 Mei nanti genap setahun sudah pengungsi etnis Rohingya dari negara Myanmar terdampar di Aceh Utara. Setahun juga kami dari lembaga kemanusian global Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadir untuk ikut secara langsung menangani mereka. ACT hadir pada hari ketiga mereka tiba di daratan Aceh Utara, setelah diselamatkan sejumlah nelayan Aceh.
KLB PSSI untuk Siapa?
Minggu, 08 Mei 2016 10:17 WIB
JAKARTA- Selasa (02/05/2016) yang lalu, persis seperti dugaan saya sejak awal, pemilik suara PSSI melakukan hasratnya untuk meminta KLB (Kongres Luar Biasa).
Oleh: Helmi Abu Bakar el-Langkawi (*) Di tengah era globalisasi kehidupan para generasi sekarang saat ini banyak dihantui oleh berbagai pengaruh dan budaya dari luar, salah satunya kecanduaan narkoba. Tidak sedikit generasi Aceh yang telah diracuninya bahkan kini Aceh termasuk dalam darurat narkoba. Ini bukan hanya isapan jempol, Aceh kini berada dalam rangking delapan di tingkat nasional dalam “Klasemen Liga Narkoba” Indonesia.
Sosialisasi Ranpergub Penyebarluasan Informasi
Humas Pengelola Informasi Pemerintah
Kamis, 05 Mei 2016 13:20 WIB
SUATU ketika pada acara Bintek Kehumasan Daerah dalam Pertemuan Bakohumas di lingkungan Pemkab. Dhamasraya, awal tahun 2013, ada salah seorang staf Humas Dharmasraya menanyakan kepada saya, sosok humas pemerintah itu bagaimana yang seharusnya, selain persoalan pemberitaan juga persoalan kemitraan wartawan menjadi sesuatu yang tidak kunjung habisnya di daerah ini? 
Opini
MASALAH pemulangan 10 WNI di Filipina Selatan, menjadi menarik karena persoalaan menjadi berkembang. Ada yang mengatakan persoalaan lobi yang dilakukan bisa melalui jalur informal. Sehingga segala sesuatunya, tidak menggunakan aturan formal negara. Cara ini berbeda dengan yang dilakukan kelompok diluar tradisi pemerintah, yang menganggap persoalaan cukup dengan mengadakan pendekatan kepada kalangan swasta dan orang-orang yang dianggap tahu dalam persoalan sandera. Selain itu adanya pendekatan yang intensif tetap berada diluar jalur formal. Sebaliknya kelompok yang mengutamakan pendekatan formal melalui lembaga negara dan pihak-pihak yang melakukan lobi secara resmi. Ada pula pihak-pihak lain yang di ikut sertakan yaitu Kementerian Luar Negeri, pengamat sosial dan berbagai pihak yang selama ini begitu tekun mengamati persoalaan sandera.
Opini
Mengapa Menteri Kehutanan Harus Digugat
Rabu, 04 Mei 2016 18:15 WIB
DALAM tiga minggu ini, saya termasuk salah satu yang berbicara keras terhadap Menteri Kehutanan. Sebenarnya yang sedang disorot bukan menteri kehutanan sebagai manusia. Artinya bukan pribadi orangnya. Tapi menteri kehutanan sebagai institusi negara, yang mewakili negara, yang mengambil keputusan kenegaraan, tapi menyangkut hajat hidup orang banyak di republik ini.
We can, I can
Senin, 02 Mei 2016 08:00 WIB
TANGGAL 4 Februari setiap tahunnya diperingati sebagai hari kanker sedunia. Kenapa hari Kanker perlu diperingati setiap tahunnya? Saat ini ada, 8,2 juta orang meninggal setiap tahun akibat kanker di seluruh dunia. Dua pertiga dari jumlah tersebut berasal dari Negara berpenghasilan rendah dan menengah.
Opini
TOPIK tentang pendidikan merupakan pembahasan yang tidak pernah membosankan untuk diperbincangkan. Seolah selalu ada sisi-sisi dari pendidikan yang  patut bahkan harus diperbincangkan secara serius.
Paradigma Etnis Melayu Terhadap Pendidikan
Rabu, 20 April 2016 20:49 WIB
Pengenalan Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, tanpa pendidikan manusia akan kehilangan daya keseimbangan positif dalam hidupnya. Makna pendidikan bukan hanya mengedepankan bagaimana seorang guru mengajar murid, namun juga dapat bermakna luas, termasuk pendidikan di luar kelas, atau di mana saja.
SAYA adalah seorang siswa dari SMA Negeri 1 Langsa yang menerima beasiswa pertukaran pelajar Kennedy Lugar-Youth Exchange and Study (KL-YES) dari pemerintah Amerika Serikat selama satu tahun, mulai Agustus tahun lalu. 
Karena sharing, maka menjadi murah. Selamat datang anak-anak muda pembaharu.
Buntut Kisruh PSSI VS Menpora
JAKARTA- Nama Ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) La Nyalla Mattalitti yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, belakangan ini sering menjadi bahan liputan mediamassa. Di samping juga menjadi bahan pergunjingan dan perbincangan di berbagai tempat.
Masyarakat Sepakbola
Salam 3-0 Untuk Sebuah Kebenaran
Sabtu, 12 Maret 2016 12:30 WIB
JAKARTA- Skor 3-0 seperti dalam suatu pertandingan sepakbola adalah skor yang cukup telak dan sangat kecil kemungkinan untuk membalikan keadaan bagi kubu lawan menciptakan kemenangan.
Menyibak Potensi Air Terjun 7 Bidadari
Selasa, 08 Maret 2016 12:54 WIB
HUTAN lebat, lautan luas, tanah subur, kekayaan alam berlimpah, dan iklim tropis bersahabat. Hanya segelintir negara yang diberi kelebihan dan keunggulan tersebut oleh Allah SWT.
Menunggu Presiden Berantas Amplop Wartawan
Selasa, 09 Februari 2016 07:37 WIB
PRESIDEN Joko Widodo memastikan akan menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional 2016 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 9 Februari 2016. Dalam acara itu, Jokowi akan diberi panggung untuk berinteraksi dengan kurang-lebih 600 wartawan nasional, petinggi negara, dan tokoh masyarakat. Supaya pertemuan itu bermakna, bantuan atau kebijakan strategis apa yang bisa Presiden keluarkan agar kehidupan pers Indonesia semakin sehat?
Opini
Selamat Datang Bupati Pilihan Rakyat!
Sabtu, 30 Januari 2016 14:57 WIB
PERTAMA-TAMA saya ucapkan selamat atas terpilihnya bapak Irwan Nasir dan Said Hasyim sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Meranti periode 2016 s/d 2021. Terpilihnya kembali Irwan Nasir sebagai calon incumbent di Kabupaten Kepulauan Meranti semakin menambah daftar panjang atas hasil survei yang pernah di lakukan sejak pertama kali pelaksanaan Pilkada digulirkan tahun 2005 hingga kini sudah ratusan bahkan ribuan pelaksanaan Pilkada di selenggarakan di berbagai daerah di Indonesia selalu di dominasi oleh kemenangan calon incumbent.
Opini
Menggantikan Siapa?
Kamis, 21 Januari 2016 21:29 WIB
ANDAI saya wartawan yang ikut dalam jumpa pers, atau berkesempatan mewawancarai Tim Transisi (entah ketua atau anggotanya), dan mereka berbicara tentang rencana menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, ada satu pertanyaan yang ingin diajukan. Pertanyaan ini sederhana saja,”Jika KLB diadakan, dan menghasilkan pengurus baru, itu menggantikan pengurus yang mana, La Nyalla atau Djohar Arifin?.”
BIN, Din Minimi dan Perdamaian Indonesia
Jum'at, 01 Januari 2016 23:32 WIB
JAKARTA - "Perjuangan" Nurdin Ismail alias Din Minimi beserta 120 orang anggotanya di Aceh telah berakhir, setelah pimpinan kelompok bersenjata paling dicari di Aceh ini mengadakan "win-win negotiation" dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso.
Lima Tahun Lagi
Kamis, 17 Desember 2015 18:07 WIB
PELAKSANAAN pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 ini usai sudah dilaksanakan pada 9 Desember lalu. Tercatat, pelaksanaannya ada di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 34 kota yang menggelar pilkada serentak.
Opini
Perlunya Koordinasi Intelijen ASEAN
Kamis, 10 Desember 2015 18:54 WIB
KERJASAMA Badan Intelijen di lingkungan anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sebagai pemikiran realistis dan mustahak. Pokok-pokok pembahasan yang muncul dalam agenda KTT ASEAN ke-27 di Kuala Lumpur baru-baru ini semakin mewarnai pertemuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Kerjasama selama ini menjadi lebih luas bagi eksistensi ASEAN. Hal ini terjadi karena masuknya permasalahan intelijen. 
Imam Sholat
Rabu, 09 Desember 2015 08:28 WIB
TENTU kita tahu yang dimaksud dengan imam, walaupun banyak pengertiannya, seperti kelompok Sunni dan Syiah ternyata berbeda pengertian tentang imam. Menurut Sunni imam bukanlah jabatan dan bukan pula warisan, tidak pula memiliki sifat suci. Menurut Sunni imam tidak lain seorang muslim yang taat dan berilmu tentang agama. Kita kenal imam Hanafi, imam Maliki, imam Syafi’i, imam Hambali, imam Al-Ghazali, imam Bukhari, Imam Muslim, dst.
Selamat Datang Pemimpin (Baru)
Rabu, 09 Desember 2015 08:19 WIB
SEMBILAN Desember 2015 merupakan hari pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak se-Tanah Air. Tercatat, ada di sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota yang menggelar pilkada serentak.
Opini
Anomali Kongres: Mari (Jangan) Berharap Pada HMI
Sabtu, 05 Desember 2015 22:33 WIB
HIMPUNAN Mahasiswa Islam atau yang biasa akrab ditelinga kita ‘HMI’, sebuah organisasi mahasiswa yang memilih untuk mengidentikan dirinya dalam identitas Islam ber-keindonesiaan. Setiap kader yang menasbihkan dirinya dibawah payung himpunan ini harus menanamkan sikap Keislaman dan Keindonesiaan, ditambah dengan ketetapan nan teguh iman, ilmu, dan amal, sejak 14 Rabbiul Awal 1366 Hijriah atau tepatnya 5 Februari 1947 Himpunan ini telah menujukkan eksistensi dirinya hingga saat ini.
Pemimpin dan Air
Jum'at, 04 Desember 2015 20:27 WIB
SEORANG ahli hikmah berpesan kepada anaknya, “Wahai anakku, seandainya engkau memilih akar untuk tempatmu bergantung, pilihlah akar yang menjalar ke tanah, karena ia akan terus hidup dan berkembang, dan jangan engkau pilih akar yang menjulang ke atas, karena ia akan terputus. Sekalipun kelihatan gagah, tetapi percayalah, akar yang menjulang ke atas tidaklah akan kuat diterpa godaan. Ia hanya pandai melenggak-lenggok menggoda setiap yang ada di sekitarnya agar tertarik. Tetapi setelah dijadikan tempat bergantung, ia akan runtuh ke bumi dan engkau pun akar. Tersungkur berlumur debu penuh penyeselanan (Kutipan buku Islam dan Kepemimpinan di Indonesia).
Hormati Kedaulatan Indonesia (Papua)
Rabu, 02 Desember 2015 13:36 WIB
DALAM masa sidang pleno awal Maret 2014, Parlemen Eropa telah meratifikasi perjanjian Framework Agreement on Comprehensive Partnership and Cooperation Between the Republic of Indonesia, on the one part and the European Community and its Member States, of the other part (Comprehensive and Partnership Cooperation Agreement-PCA-RI-Uni Eropa) tahun 2009. PCA RI-Uni Eropa sudah diratifikasi 27 negara anggota Uni Eropa (UE).
Opini
Aceh dan Jusuf Kalla
Minggu, 29 November 2015 17:49 WIB
PADA tanggal 06 Juni 2008 saya berkesempatan berdiskusi membahas Aceh dan duduk satu meja dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden RI.  Saat itu  Kalla didampingi Prof. Dr. Djohermansyah Johan yang kini menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah.   Saya sendiri waktu itu merupakan pegawai Badan Rehabilitasi dan Rekontruksi NAD-Nias (BRR NAD-Nias) bersama Teuku Rafli Pasha diajak mendampingi Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menghadap Wakil Presiden RI.
Adat Resam dan Khasanah Melayu
Selasa, 13 Oktober 2015 11:30 WIB
PENDAHULUAN Riau merupakan salah satu daerah yang dalam perjalanan sejarahnya telah menyumbangkan sebongkah emas budaya yang bernama bahasa Melayu, yang kemudian menjadi salah satu puncak budaya nasional Indonesia. Semua tahu, bahasa Indonesia yang menjadi bahasa nasional Indonesia itu, asal-muasalnya adalah Bahasa Melayu Riau, bahasa yang tumbuh dan berkembang di bawah dera dan tempaan kultur Melayu yang besar dan hidup di tengah masyarakat Riau.
PON Ladang Perburuan ''Mereka''
Rabu, 05 September 2012 23:01 WIB
COBA saya bayangkan uang sebanyak Rp4,6 triliun disebarkan diseluruh desa di Riau. Tentu seluruh masyarakat desa di Riau yang berjumlah 3.000 desa mendadak menjadi orang kaya baru. Bayangkan masing-masing desa akan mendapat rata-rata Rp15 miliar, tentu sangat mengejutkan. Pasti akan memicu konsumerisme sesaat.
PON Bisu
Senin, 03 September 2012 04:24 WIB
SEJAK era reformasi, dunia olahraga ikut mengalami banyak pergerakan. Mulai dari struktur kepengurusan KONI dan kepengurusan cabang, hingga pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).
www www