ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur kita hanya kepada Allah Swt, Dzat Yang Maha Kuasa atas seluruh alam dan atas segala kejadian. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, masalah terbesar kita adalah kurang yakin kepada Allah Swt. Orang yang yakin kepada Allah akan merasakan bahwa hidup ini jauh lebih ringan. Kalau kita merasa hidup ini terasa berat, maka kita perlu introspeksi diri. Salah satu penyebab hidup terasa berat adalah kalau cita-cita kita hanya urusan duniawi; harta, pangkat, jabatan, popularitas, pujian makhluk dan sebagainya.

Padahal sesungguhnya dunia ini tidak ada apa-apanya, maka tidak heran dunia bisa didapatkan siapa saja bahkan orang yang sangat banyak maksiat sekalipun. Dunia ini sudah sempit, sedikit, tidak berharga, namun diperebutkan, maka orang-orang yang memperebutkannya pasti akan merasakan betapa berat hidupnya.

Oleh karena itu, jika kita ingin hidup di dunia ini terasa ringan, maka jadikanlah akhirat sebagai cita-cita. Allah Swt. berfirman, Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya? (QS. Al Anam [6] : 32)

Jadi, kita ini sebenarnya bukan penduduk asli dunia, kita ini penduduk asli akhirat, kita ini keturunan para penghuni surga yaitu nabi Adam dan siti Hawa. Dan, ke akhirat kita pasti akan kembali. Saat ini kita di dunia hanya mampir sebentar saja.

Allah Swt. berfirman, Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS. Al Qoshosh [28] : 77)

Akhirat adalah tujuan kita, dunia adalah persinggahan dan tempat kita mengumpulkan bekal dengan cara berbuat baik, beramal sholeh, pantang zholim. Inilah yang akan membuat hidup kita terasa ringan, mantap dan ajeg karena cita-cita kita besar, agung dan jelas.

Semoga Allah Swt. mengumpulkan kita kembali di akhirat dalam keadaan bahagia, sejahtera di surga-Nya. Aamiin yaa Robbalaalamiin. (smstauhiid)***