Apa yang harus kamu lakukan ketika orang yang kau sayangi  berkhianat dan meninggalkan mu dengan cara kejam? Cara kejam dalam arti si dia dengan sengaja melepaskan dirimu, menghindari tanggung jawab dan lebih memilih orang lain untuk bersamanya.

Mencak-mencak? Atau mengemis agar dia kembali? Jangan! Jangan lakukan itu. Ada sebuah ungkapan, orang yang sedang menyakiti akan semakin bahagia ketika melihat objeknya tampak semakin tak berdaya.  Tapi jika ingin menangis, menangislah. Tangisan terkadang memang bisa sedikit membantu membasuh luka hati.  Pikirkanlah, orang yang mencintai itu tidak akan menyakiti. Jadi tidak perlu mencari kambing hitam siapa yang membuat kekasih itu pergi meninggalkan mu. Karena faktanya adalah: ia pergi karena tidak ingin bersama mu lagi.

Jauh kanlah mengekspresi rasa galau di media sosial. Karena si mantan pasti tetap ingin tahu kondisi saat dirinya tak lagi bersama mu. Si mantan tidak perlu tahu sejauh mana engkau terpuruk. Tata hatimu kembali. Bahwa ternyata apapun yang terjadi, matahari tetap saja masih terbit. Hidup terus berjalan.

Ubah penampilanmu. Buat dirimu semakin sedap dipandang.  Penampilan yang bagus, dengan wajah ceria akan membantu dirimu bangkit dari keterpurukan. Orang-orang disekitarmu pun akan semakin menyenangimu.

Selanjutnya adalah tunjukkan prestasi dan bakatmu. Tunjukkan sejak si dia tidak lagi bersamamu ternyata hidupmu menjadi lebih baik. Karier semakin meleset dan finansial semakin terang. Jika sudah seperti ini pasti si mantan diam diam akan mengagumimu.

Tidak perlu menghapus kenangan tentang impian yang dulu pernah diimpikan bersama mantan. Meski kini tidak lagi bersamanya, wujudkan apa yang dulu pernah kalian impikan ketika bersama. Si mantan diam-diam pasti akan iri. Percayalah. Apalagi jika impiannya itu belum diwujudkannya.

Tunjukkan kamu lebih bahagia ketika tak lagi bersamanya. Hati yang bahagia itu akan terpencar ke luar, bak mutiara dalam lautan. Perbanyak lakukan hal-hal yang positif untuk lingkungan sekitarmu. Jadilah orang yang lebih positif dalam berbagai hal.  Pasti mantan mu yang semakin klepek-klepek karenanya.