Dalam kehidupan sehari hari, ketika ada suatu problem yang mulai kehilangan jalan keluar, maka tiba-tiba orang pun nyelutuk. “Udah lah, Chin chai- chin chai lah!

Begitu mendengar ungkapan itu, mendadak perasaan pun menjadi lebih berbeda. Lebih adem, lebih tenang karena hati tidak lagi menuntut. Hidup terpola, teratur dengan seabrek perencanaan itu memang penting. Tapi jangan sampai membuat Anda terjebak pada paham yang kaku, yang ketika suatu yang direncanakan tidak sesuai membuat hati gundah dan merasa kesal sendiri. Ingin bahagia, pelajarilah pola hidup chin chai.

Chin chai itu artinya tidak terlalu banyak perhitungan atau easy going. Orang seperti ini lebih santai tidak terlalu banyak menuntut pada keadaan. Orang yang terlalu perhitungan setiap detik dipikirannya dipenuhi oleh angka, target justru akhirnya membuat pikiran sesak dan hati jadi tidak tenang.

Jika dia seorang pedagang, maka tiap hari pikirannya selalu dipenuhi oleh angka-angka, sudah untung tapi kok masih terasa kurang. Pimpinan perusahaan juga tidak jauh beda. Pikirannya disesaki oleh kata, untung dan rugi. Hati pun menjadi cemas karena selalu memikirkan keraup keuntungan sebesar-besarnya dan memblokir semua bentuk kerugian.

Akhirnya selembar daun yang hilang dianggap kerugian besar, tapi untung sebesar gunung tidak dihiraukan. Akhirnya yang terjadi adalah gontok-gontoan. Orang yang penuh perhitungan tidak pernah mau mengalah, apalagi mau berkorban.

Sikap seperti ini tidak hanya merusak diri sendiri, tapi juga orang-orang disekitarnya. Pasangan hidup, anak, karyawan. Semua orang disekelilingnya terkena imbasnya.

Belajar menjadi ;chin chai’ adalah selalu berusaha mengalah dan memberi toleransi, pengertian, mau bekerja sama, mudah diajak berunding. Hal ini tidak hanya membuat pikiran menjadi nyaman, tapi juga membuat diri memiliki banyak sahabat.

Imbasnya adalah tezeki menjadi lancar, hidup lebih tenang, sehat dan keluarga pun harmonis. Chin chai adalah kunci hidup sukses dan bahagia!